Traktir

3 Makanan khas Maluku, ada yang khusus disajikan untuk penjajah Belanda

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang punya banyak makanan khas. Misalkan saja Maluku yang punya makanan khas dan jarang ditemukan di pulau Jawa di masa lalu. Kalau di masa sekarang ada banyak sekali pelaku usaha yang berusaha menyajikan masakan tradisional Indonesia, termasuk makanan-makanan yang berasal dari Maluku. Nah, apa saja sih yang jadi favorit?

Nasi Lapola sebagai makanan khas Maluku

Nasi Lapola. Foto: Yummy.co.id

Makanan khas yang akan dibahas pertama kali di sini adalah Nasi Lapola. Nasi tersebut menjadi makanan pokok khas masyarakat setempat. Bahan utama dari Lapola adalah beras yang dicampurkan dengan kacang tolo dan parutan kelapa muda. Untuk membuat hidangan menjadi semakin lengkap biasanya ditambahkan kohu-kohu. Kohu-kohu merupakan ikan teri yang dimasak khusus dan bisa juga diganti dengan tongkol basah.

Kemudian masyarakat setempat akan menambahkan dengan lalapan mentah untuk memperlengkap hidangan ini. Proses pembuatan masakan ini dilakukan dengan menggunakan api kecil. Tujuannya supaya bisa terhindar dari kegosongan dan juga hasilnya bisa lebih baik. Setelah beras masak setengah matang, ditambahkan parutan kelapa yang sudah diberi rempah-rempah berupa bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, maupun cabai merah.

Kemudian proses mengkukus dilanjutkan sampai matang. Bagi pencinta pedas, bisa saja menambahkan masakan ini dengan sambal colo-colo. Di dalam sambal colo-colo tersebut  terdapat cabai rawit, tomat, kecap, dan juga bawang merah.

Nasi Lapola. Foto: Instagram

Woku Komo-Komo

Woku Komo-Komo. Foto: correcto.id

Masakan unik lainnya yang berasal dari Maluku selanjutnya Woku Komo-Komo yang terbuat dari tepung. Tepung dibuat dari batang rumbia yang diolah khusus. Pada umumnya masakan ini dijadikan lauk dari makan pokok berbahan utama sagu.

Masyarakat setempat biasa menggunakan rempah-rempah untuk membuat hidangan ini semakin gurih. Bisa ditambahkan jeroan ikan untuk membuat cita rasanya semakin enak. Jeroan tersebut dipotong-potong membentuk dadu.

Ikan kuah pala Banda

Ikan kuah pala Banda. Foto: rumahkomunitas.com

Makanan khas yang satu ini terbuat dari ikan kakap atau kerapu. Makanan ini menggunakan rempaj-rempah pala yang dulu banyak diincar oleh para penjajah Belanda. Ada juga rempah-rempah lainnya yang dipakai untuk membuat cita rasa menjadi sangat gurih. Dahulu makanan ini hanya diberikan kepada pejabat Belanda.

Makanan ini akan sangat lengkap apabila ditambahkan dengan sambal bekasang dan ulang-ulang. Makanan ini juga bisa disantap bersama nasi.

Semua masakan tersebut dapat kamu cicipi ketika pergi ke Maluku. Sebagian besar tempat makan yang ada di sana menjual menu yang satu ini. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button