Traktir

5 kuliner dan oleh-oleh yang wajib kamu coba saat mampir ke Bogor

Selain julukannya sebagai kota hujan, Bogor juga memiliki banyak kuliner legendaris yang bisa kamu coba, lho, sahabat. Berbagai kuliner berjejer, dan bisa kamu nikmati satu persatu. Dan inilah 5 kuliner Bogor yang wajib masuk di daftar menu yang harus dicoba.

Laksa Bogor

Laksa Bogor. foto: Instagram

Sudah pernah makan Laksa Bogor?, cobain deh kalau belum. Bahan utamanya adalah bihun yang diberi kuah kuning. Rasanya gurih banget, selain itu ada tambahan oncom dan bahan lainnya, pokoknya mantap deh. Laksa sangat lezat dinikmati ketika masih hangat, apalagi kalau udara sedang dingin. Kalau kamu tertarik, silahkan mampir ke Bogor ya.

Asinan Bogor

Selanjutnya ada asinan Bogor, asinan ini lebih bervariatif karena buah yang digunakan tidak hanya satu macam. Ngomongin soal asinan, makanan ini sudah ada sejak dahulu. Kudapan ini dipengaruhi dari bangsa Tionghoa. Nama asinan juga dipengaruhi oleh proses pembuatannya. Aneka buah atau sayur harus melalui proses penggaraman atau pengasaman. Cara ini dilakukan agar buah atau sayur awet dan tidak mudah busuk.

Kuliner Bogor, Sate sumsum

Sate sumsum. foto: Instagram

Jika biasanya sate berbahan dasar daging ayam, kambing atau sapi, tapi sate ini dari sumsum sapi. Rasa sate yang unik dan lezat serta kelembutan sumsum yang dilumuri oleh manisnya saus kacang spesial, bikin lumer dimulut. Duh bikin laper ya, dijamin bakal nagih terus deh.

Bika Talubi Bogor

Bika talubi. foto: instagram

Camilan Bika talubi merupakan oleh – oleh kekinian khas Bogor yang dicari wisatawan saat liburan ke kota hujan. Talubi adalah singkatan dari “ talas dan ubi” yang menjadi bahan dasar makanan ini. Karena Bogor adalah daerah penghasil talas dan ubi, tidak heran jika bahan – bahan ini melimpah sekali. Selama ini, untuk menikmati talas dan ubi hanya direbus secara langsung . Tetapi, semakin berkembangnya teknologi makin beragam pula olahan kuliner yang unik dan menarik dari bahan tersebut.

Kuliner Bogor, Soto Kuning

Kuah kuningnya sangat menggoda banget ya, perpaduan antara santan, kunyit, serai dan lengkuas jadi satu sajian yang nikmat. Lebih nikmat lagi jika disantap dengan nasi. Isian soto berupa lidah, daging sapi, kikil, urat dan jeroan lainnya menambah kelezatan rasanya. Kuah soto kuning yang kental menebar aroma gurih tak kalah menggugah selera. Sementara daging dan isiannya lembut, sehingga berpadu pas dengan kuahnya.
Nah, itu dia informasi tentang 5 kuliner Bogor yang lezat, yang wajib kamu coba.

Untuk kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow  Kulinear. (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button