Traktir

5 variasi Kroket lezat di berbagai negara, cocok buat referensi kulineranmu

Siapa disini yang suka makan kroket? Kroket merupakan camilan yang terbuat dari adonan daging yang dilumuri tepung. Kroket ini sangat terkenal khas Belanda. Biasanya kroket yang ada di indonesia terbuat dari kentang dalam jumlah banyak daripada dagingnya. Biasanya suwiran ayam digunakan sebagai isiannya. Variasi kroket bukan cuma ada di Indonesia, bahkan di luar negeri juga ada lho.

Tentu saja bahan makanan dan metode memasak yang digunakan di berbagai negara berbeda-beda. Nah, sekarang kita ulas satu persatu varian kroket di dunia yuk. Macam-macam kroket ini bisa menjadi sumber referensi mu saat mencoba kuliner disana. Kroket dari berbagai negara diantaranya yaitu :

Variasi kroket di dunia

Korokke Jepang

korokke Jepang. foto: Instagram

Misalnya di Jepang ada korokke dan yang paling terkenal bernama roti isi korokke. Biasanya korokke dibuat dari sisa ampas kari. Bentuknya mirip burger yang bulat pipih. Komposisinya lebih banyak kentang, kemudian ditambahkan wortel dan sedikit daging.

Sekilas mirip dengan perkedel yang ada di Indonesia. Selain itu, Jepang juga ada cream korokke yang berbentuk silinder. Tapi, korokke ini lebih mirip kroket versi Perancis karena isinya udang dan daging kepiting yang diberi saus yoghurt putih, dilapisi tepung roti lalu digoreng.

Alu tikki dari India

alu tikki. Foto: Instagram

Kalau di India beda lagi, yaitu ada Alu tikki. Alu tikki merupakan kepingan pedas dari kentang dan tepung. Biasanya dimakan sebagai isian burger seperti burger vegetarian.

Croquetas, variasi kroket dari Uruguay

Nah kalau di Uruguay mereka menyebut kroket yaitu croquetas. Isiannya yang paling populer adalah mash potato, daging, keju mozzarella dan nasi. kadang nasi ada campuran seperti herbal dan daging. Umumnya berbentuk silinder dengan ukuran yang sedang. Sedangkan jika isiannya nasinya berukuran lebih besar dan agak bulat. Croquetas biasanya disajikan bersama saus tomat dan mayonaise.

Crocchette dari Italia

Sedangkan di Italia kroket berbentuk silinder dengan isian keju, sayur dan kentang. Biasanya dimasak menggunakan lauk daging namanya crocchette. Crocchette ala Italia ini identik dengan keju.

Crepe Polandia

Kemudian yang terakhir ada crepe dari Polandia. Berbeda dengan yang lainnya, kroket khas Polandia ini lapisan luarnya bukan terbuat dari kentang, nasi, roti melainkan crepe. Crepe Polandia diisi degan daging, jamur, sayur kol, dan kombinasi lainnya. Sebelum disajikan, kroket khas Polandia ini biasanya dikejutkan dengan diatas teflon.

Nah, itu dia 5 variasi kroket dari berbagai negara di dunia, semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button