Traktir

Cicipi 6 kuliner khas Solo di tempat ini, jangan sampai terlewat

Kota tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini ternyata punya banyak kuliner yang nikmat, murah, dan terkenal hingga seluruh Indonesia. Ada beberapa tempat kuliner Solo yang tak hanya diserbu warga sekitar, tetapi juga pengunjung dari luar kota. Intip yuk tempat yang harus kamu datangi untuk menikmati kuliner khas Solo ini.

Kuliner khas Solo: Serabi

Serabi notosuman. Foto: Instagram

Kuliner Solo yang satu ini sering jadi oleh-oleh. Rasanya jadi andalan dan aneka topping bisa jadi pilihan rasa sesuai selera. Serabi yang sudah terkenal akan kelezatannya dan harganya ada di Serabi Notosuman, Jalan Muhammad Yamin No. 28 Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

Timlo

Timlo. Foto: Wikimedia
Timlo. Foto: Wikimedia

Kamu juga wajib makan timlo selagi di Solo karena tentu saja kamu tidak bisa merasakannya di daerah lain. Mampir ke Warung Timlo Solo Sastro yang beralamat di Jalan Kapten Mulyadi No. 8 Sudiroprajan, Jebres. Mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 18.000, kamu sudah bisa mendapatkan semangkuk timlo lengkap dengan kuah yang segar.

Tengkleng

Tengkleng khas Solo. Foto: Wikimedia
Tengkleng khas Solo. Foto: Wikimedia

Ketika berkunjung di Pasar Klewer, kamu bisa mencoba tengkleng di Warung Bu Edi untuk mengobati rasa lapar. Bu Edi berjualan sejak jam 2 siang, namun kamu harus memburunya supaya tidak kehabisan. Karena hanya dalam hitungan jam saja, tengkleng Bu Edi sudah tak bersisa lagi.

Nasi Liwet

Nasi liwet. Foto: pinterest.com
Nasi liwet. Foto: pinterest.com

Rasa nasi yang gurih sayur labu siam, telur rebus dan suwiran ayam ini disajikan dengan cara yang tradisional, yaitu menggunakan daun pisang yang dipincuk. Nasi liwet Bu Wongso Lemu yang beralamat di Jalan Teuku Umar Kepraban, Banjarsari bisa kamu coba nih agar bisa merasakan nasi liwet yang memiliki ciri khas tersendiri.

Lenjongan

Lenjongan khas Solo. Foto: ksmtour.com

Sebagai camilan, coba lenjongan Yu Sum yang ada di Pasar Gede Hardjonagoro, Jalan Urip Sumoharjo, Surdiroprajan. Kamu akan mendapatkan kenikmatan dari camilan manis yang terdiri dari ketan hitam, ketan putih, klepon, gethuk, cenil, sawut, dan tiwul. Harganya cuma Rp 5.000 per porsi lho.

Es dawet telasih

Minuman yang seger-seger di Solo yang pas adalah es dawet telasih. Es dawet ini jadi salah satu kuliner yang populer dan jadi banyak incaran. Bertempat di Jalan Ir. Juanda, Jebres, Gandekan, ada es dawet telasih yang bisa kamu coba dengan harga yang sangat murah.

Karena banyak kuliner khas Solo yang populer, mungkin kamu bisa mengunjungi salah satu tempat di atas yang memberikan hidangan lezat sekaligus harga terjangkau.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button