Resto

7 Kuliner Madura dengan nama unik, rujak selingkuh sampai sate laler

Madura terkenal dengan satenya dan penjual sate itu sendiri. Selain itu, Madura juga terkenal dengan aneka kuliner yang unik. Berikut ini sejumlah kuliner khas Madura yang wajib kamu coba selain sate. Semuanya lezat!

Rujak selingkuh

Rujak selingkuh. Foto: Jalanbareng.com

Rujak ini dihidangkan dengan cara yang cukup unik, yaitu dicampur dengan kuah soto sehingga rasanya khas. Rujak selingkuh menggunakan babat sapi yang ditambah mentimun, sayuran, dan rujak cingur. Untuk menikmati seporsi rujak selingkuh, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000.

Bebek songkem

Bebek Songkem. Foto: wisataku.ic

Untuk kuliner khas Madura yang satu ini, bebek dibumbui dengan berbagai rempah dan lombok, lalu dimasak dengan cara dikkukus dan dibungkus dengan daun pisang. Daging bebek songkem sangat lembut dan rasanya gurih nikmat. Harga per porsi hanya sekitar Rp 22.000 saja.

Rujak corek

Rujak corek. Foto: Cookpad

Bahan utama rujak ini adalah mentimun. Bagian dalamnya dicorek atau dikeruk, lalu bagian tersebut diberi bumbu rujak. Cara menikmatinya adalah dengan mengigit mentimun sekaligus kuah di dalamnya yang bisa diseruput langsung.

Tajin sobih

Tajin sobih. Foto: merahputih.com

Kuliner khas Madura yang satu ini terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu dengan gula merah cair yang disajikan di atas daun pisang pincuk. Bubur tajin sobih rasanya manis dan legit dan bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 4.000 per porsi.

Topak ladeh

Topak ladeh. Foto: Liputan6

Dari penampakannya mungkin topak lodeh ini mengingatkanmu pada opor ayam. Namun, hidangan ini memiliki rasa pedas yang terlihat dari warna merah pekat kuahnya. Dan lagi, isian dari topak ladeh ini bukan ayam, melainkan daging sapi dan lontong.

Bebek sinjay

Sudah banyak orang yang tidak lagi asing dengan nama kuliner yang satu ini. Bebek sinjay terasa lembut dan bisa dinikmati dengan cocolan sambal mangga muda dan kremesan. Daging bebek sinjay tetap juicy, meski sudah digoreng kering. Harganya cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 25.000 lho.

Sate laler

Sate laler. Foto: Ksmtour.com

Selain sate madura, sate laler ini bisa jadi pilihan lain. Meski namanya sate laler, (laler berarti lalat), namun sate laler tidak menghidangakan daging lalat kok. Sate laler menggunakan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil sebesar lalat, seperti namanya yang iconik.

Aneka kuliner khas Madura ini bisa ditemukan di pedagang kaki lima dengan harga yang merakyat. Dari sekian makanan khas Madura ini, kamu harus mencobanya karena cukup unik dan bisa membuat perjalananmu di Madura lebih berkesan. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button