Traktir

Ada kuliner aneh di Palembang ! Rujak campur mie tambah pempek ?

Dari tahun ke tahun, kuliner Nusantara selalu mengalami pembaruan dan inovasi. Dari dulunya yang masih sederhana hingga sekarang sudah beragam dan lebih menarik, bahkan tak jarang muncul aneka kuliner unik dan ‘nyeleneh’ yang bikin kamu geleng geleng kepala saking anehnya. Contohnya saja ketika rujak dicampur es krim,  meskipun begitu sajian rujak es krim ini memiliki banyak penggemar lho. Lain lagi ada sajian khas Palembang yaitu Rujak Mie Palembang. Hmmm dari namanya aja udah bikin bertanya tanya, buah dicampur mie dikasih bumbu rujak? emang enak rasanya ?

Tenang aja ya, guys, rujak mie ini pastinya cukup berbeda jauh dengan sajian rujak buah pada umumnya. Dapat dipastikan kalau rujak mie khas Palembang memiliki citarasa nikmat yang mampu bikin kamu ketagihan. Yuk langsung cobain aja…

Pempek juga jadi isian Rujak Mie Palembang lho…

Kuliner ini merupakan sajian yang terdiri dari mie kuning, tahu, pempek, timun, dan tauge yang kemudian disiram dengan kuah cuko khas pempek Palembang.

Rujak mie. Foto: Instagram

Rujak mie ini memiliki citarasa yang lezat dengan segarnya kuah cuko yang manis, masam, dan pedas. Dijamin bikin ketagihan apalagi dengan aneka isiannya yang mampu bikin perut kenyang, karena penggunaan bahan mie dan pempek yang berbahan dasar tepung.

Jadi, rujak mie Palembang bisa kamu jadikan menu sarapan ataupun sekedar camilan saja. Tak hanya itu, kuliner ini kerap kali jadi sajian saat ada acara khitanan, pernikahan, dan pesta ulang tahun. Bahkan, rujak mie Palembang selalu jadi hidangan wajib saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha lho.

Persisnya, kuliner rujak ini akan dibuat sehari sebelum hari raya Idul Adha. Hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun dan dianggap sebagai sebuah tradisi. Bahannya yang mudah dijumpai dan proses memasak yang tergolong sederhana, membuat rujak mie menjadi menu favorit masyarakat Palembang.

Kalau kamu mau coba di rumah juga bisa lho. Cukup siapkan bahan isian yang akan dipakai,  seperti mie kuning yang sudah direndam air panas, tahu goreng dipotong kotak, tauge dan timun diiris kotak, serta pempeknya juga dipotong kotak. Kamu bisa pakai pempek instan ya guys, frozen food seperti itu sudah banyak yang jual kok…

Lalu, untuk kuah cukonya dibuat dengan mencampurkan gula jawa, asam jawa, bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, cabai, dan garam. Semua bumbu tersebut dimasak dengan air hingga mendidih. Jika sudah, tinggal sajikan semua isian tadi diatas piring, lalu disiram dengan kuah cuko. Dijamin rasanya nendang banget deh…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button