Traktir

Aneka menu dengan nasi warna-warni yang cantik, pernah coba?

Nasi yang biasa dikonsumsi lazimnya nasi putih. Sebagai pelengkap nasi adalah berbagai macam lauk. Namun, tak hanya lauk saja yang bisa bervariasi. Nasi warna-warni juga bervariasi yang membuat rasanya semakin enak.

Dari nasi kuning yang sering ditemui hingga nasi hitam, semuanya memiliki warna yang unik. Bisa berasal dari tanaman yang menimbulkan warna terhadap nasi tapi ada juga yang berasal dari nasi itu sendiri semenjak menjadi beras.

Nah, apa saja nih aneka menu yang pakai nasi warna-warni? Yuk, cek selengkapnya.

Nasi kuning

Nasi kuning sudah cukup umum di Nusantara, seperti nasi putih. Biasanya, nasi kuning akan dibentuk menjadi tumpeng pada acara-acara tertentu, seperti acara ulang tahun, syukuran, dan acara peresmian perusahaan.

Nasi kuning. Foto: Instagram

Nasi warna-warni, nasi kerabu biruku

Nasi kerabu biruku. Foto: Wikipedia

Nasi kerabu biruku adalah makanan yang berasal dari Malaysia. Warna nasi yang biru cantik ini berasal dari bunga telang. Nasi kerabu ini bersanding dengan telur asin, ikan suwir, acar jahe, dan kerupuk udang.

Nasi hijau pandan

Nasi hikau pandan. Foto: Instagram

Seperti namanya, nasi ini memiliki warna hijau yang berasal dari daun pandan. Rasanya yang gurih tak kalah dengan lezat dengan jenis nasi warna-warni lainnya.

Lauk untuk nasi hijau pandan ini sama dengan nasi kuning, yaitu serundeng, kering tempe, irisan telur dadar, dan perkedel.
Meski nasi hijau pandan ini jarang terlihat, kamu tetap bisa memasak nasi ini untuk berbagai acara yang bisa menggantikan nasi kuning.

Nasi merah bakar

Nasi merah bakar. Foto: Instagram

Nasi merah bakar ini terbuat dari beras merah, sehingga warna alaminya tberasal dari beras itu sendiri. Beras merah terkenal dengan manfaatnya.

Jika kamu bosan dengan beras putih, kamu bisa mengonsumsi nasi beras merah secara rutin. Nasi merah bisa diolah dengan cara dibakar dengan isian sesuka hati.

Nasi goreng hitam

Nasi hitam. Foto: Instagram

Nasi yang berwarna hitam berasal dari jenis beras hitam, sama seperti nasi merah. Nah, salah satu cara mengolahnya adalah dengan membuatnya menjadi nasi goreng hitam. Selain rasa yang berbeda dari nasi biasanya, nasi beras hitam juga punya banyak manfaat, lho.

Semakin unik warna nasinya, semakin tinggi nilai jualnya. Berbeda dengan beras merah, beras hitam, dan beras sejenisnya yang berwarna dari asalnya dan memang kaya manfaat, sehingga harga jualnya mahal.
Untuk kamu yang ingin mengonsumsi nasi warna-warni lainnya menggunakan cara yang sama seperti kamu mengonsumsi nasi putih, bisa juga kok. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button