Resto

Bakpao warna warni cantik, camilan mengenyangkan dengan aneka rasa

Sahabat kulinear, sekarang bakpao nggak cuma warna putih dan isian cokelat saja. Nah, disini penulis akan kenalkan bakpao warna warni yang super cantik dengan aneka rasa yang menarik perhatian. Bakpao merupakan camilan yang mengenyangkan. Bakpao dengan bentuk bulat sudah biasa, nah bakpau yang satu ini dengan bentuk mirip bunga. Walaupun berwarna-warni tapi bakpau ini menggunakan pewarna yang alami lho.

Sajian khas Cina sejak zaman dulu

Bakpao. Foto: Instagram

Sahabat kulinear, tahukan kalian bakpao yang sudah ada sejak dulu ini merupakan menu utama yang menghangatkan masyarakat Cina Utara, karena di sana memiliki suhu ekstrem mencapai minus 40 derajat celsius.

Cara membuatnya sama seperti bakpao umumnya, yaitu mencampurkan tepung terigu dengan gula pasir dan ragi. Untuk pewarna alaminya menggunakan campuran buah bit yang sudah dihaluskan. Buat bit mengandung zat gizi yaitu karbohidrat dan protein. Selain itu juga mengandung magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B6 dan masih banyak lagi.

Kandungan nutrisi buah bit ini baik untuk tubuh, yaitu bermanfaat membantu mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Campurkan semua bahan untuk adonan menggunakan alat khusus sampai khalis. Adonan yang sudah khalis ini harus di diamkan dulu hingga ragi bekerja, sehingga adonan bisa mengembang. Bisa disimpan didalam wadah tertutup selama kurang lebih 10 menit saja. Setelah itu bentuk bakpau dan kukus sampai matang.

Buah bit yang menghasilkan warna merah ini memang paling lezat jika diisi dengan aneka isian manis seperti kacang, cokelat, unti kelapa atau keju, bisa dipilih deh sesuai selera kalian. Jika kalian tidak suka isian yang manis-manis, bisa juga diganti dengan isian gurih seperti daging ayam atau sapi juga tambah enak kok.

Bakpao warna warni

Sahabat, bakpao sendiri berasal dari kata bak yang artinya daging, sedangkan Pao artinya dibungkus. Di negara asalnya, bakpao sendiri biasanya camilan yang diisi dengan daging babi. Jadi, bakpao mengandung makna daging yang dibungkus dengan adonan seperti roti. Bakpao warna warni ini bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan varian isi yang digunakan. Misalnya, warna hijau untuk isian unti kelapa.

Warna-warni ini membuat tampilan bakpao lebih menarik. Selain itu, warna seperti orange, merah, kuning dan hijau, ternyata merupakan warna yang mampu meningkatkan selera makan. Kalian pun bisa mengkreasikan bentuk bakpao yang cantik-cantik. Di waktu luang, boleh deh coba membuat bakpao, dijamin buat mood kalian bagus.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button