Traktir

Balado usus ayam, menu rumahan sederhana yang pedasnya nampol!

Sekarang zamannya mau makan yang lezat-lezat nggak perlu mahal. Kali ini penulis, punya referensi menu masakan yang super hemat. Namanya, balado usus ayam, pas banget kan buat kalian yang suka pedes.

Sebagian orang memandang sebelah mata usus ayam nih, padahal kalau diolah, mantap banget lho. Warna merah menggoda bikin nggak perlu mikir panjang, langsung sikat aja deh hehe.


Balado usus ayam sudah familiar

Kombinasi potongan daun jeruk dan potongan daun bawang bikin aroma masakan sedap dan nampol. Bau amis atau tidak sedap dari jeroan, udah nggak ada lagi, deh. Usus ayam disini, dimasak dengan tepat, hingga bau khasnya hilang. Pedasnya balado nampol abis, makan jadi makin lahap.

Menu masakan balado cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kalau denger kata balado, pasti di otak kita langsung tahu kalau citarasa masakan ini pedes. Di tanah Sunda, aneka jeroan seperti usus ayam ini memang sering jadi olahan menu masakan sehari-hari.

Asal usul balado

Sebenarnya, balado adalah olahan khas Minang. Karena identik dengan rasa yang pedas, balado jadi masakan yang digemari masyarakat Nusantara. Selain balado usus ayam, masyarakat Indonesia juga sering menggunakan bumbu ini untuk olahan seperti balado terong, balado telur, balado kentang dll.

Balado usus ayam, selain enak bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Berhubung ini olahan jeroan, jadi harus mengutamakan bumbu rempah kuat. Tetap yang paling utama adalah bawang putih, cabai, bawang merah, dan jahe. Cabai disini, tentunya memakai dalam jumlah yang banyak, biar makin nampol boleh kok ditambahkan cabai rawit.


Tips mengolah jeroan

Sedikit tips nih, untuk mengolah usus ayam, lebih baik bumbu rempah yang aroma khas seperti bawang merah dan putih, tidak perlu di uleg, cukup diris saja ya. Sedangkan cabai, dihaluskan lalu tinggal menumis semua bahan deh.


Usahakan pilih jeroan ayam yang segar dan berkualitas ya. Biasanya usus ayam yang baik berwarna putih kekuningan, warnanya mirip lemak pada kulit ayam. Serta hindari yang berwarna putih mencolok, ini tandanya udah nggak seger lagi.

Untuk meminimalisir bau amis usus harus dicuci hingga benar-benar bersih serta menambahkan daun bawang dan daun jeruk. Kalau mau mempersingkat waktu, usus ayam bisa direbus atau dipresto terlebih dahulu.
Karena memasak usus ayam bisa 1 sampai 2 jam an lho. Makanya, bumbu balado meresap dengan sempurna, enak banget.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button