Traktir

Banjir keringat ! Wajib coba ceker saus pedas gila ala drama korea

Ayam merupakan hewan yang lazim dan sangat sering dijadikan bahan makanan. Bahkan semua bagian tubuh ayam bisa kalian masak lho, tentunya tanpa kotorannya ya… Mulai dari kepala, badan, sayap, jeroan, hingga kakinya bisa kalian olah dan masak jadi hidangan yang pasti bikin kalian ngiler. Kini kita bahas olahan ceker saus pedas, yang sering muncul dalam tayangan Drakor, yuk.

Di Korea Selatan, ceker dapat diolah menjadi kudapan super pedas dengan bumbu khas Korea. Disajikan baik itu tanpa tulang ataupun dengan tulang. Sajian ini bisa banyak kalian jumpai di serial drama Korea atau variety show. Ceker pedas ala Korea ini disebut dengan Maeun Dakbal.

Bumbu pedas apa yang dipakai pada ceker saus pedas, Maeun dakbal ?

Maeun dakbal terdiri dari 3 kata, yaitu “maeun” artinya pedas, “dak” artinya ayam, dan “bal” artinya kaki. Jadi, Maeun dakbal adalah kaki ayam atau ceker ayam pedas. Seporsi Maeun dakbal berisi banyak ceker ayam yang berwarna serba merah karena terbalut bumbu saos pedas khas Korea lalu di atasnya ditaburi bubuk wijen sangrai dan daun bawang.

Maeun dakbal. Foto: Instagram

Bagi kalian yang ngga suka pedas, jangan coba coba deh sama kudapan satu ini, sebab rasa pedasnya kelewat batas dan dijamin bikin banjir keringat.

Usut punya usut, warna merah dari Maeun dakbal disebabkan oleh bumbu saos gochujang (pasta cabai) dan gochujaru (bubuk cabai). Hmmm, kebayang dong seberapa pedasnya olahan kaki ayam asal Korea ini ?

Maeun dakbal cocok dijadikan kudapan atau camilan saat santai, sambil ngobrol dengan teman, nonton drama Korea dan lain sebagainya. Namun, Maeun dakbal juga bisa di makan sebagai lauk pauk bersama dengan nasi putih.

Jadi makin ngiler pengen nyobain Maeun dakbal deh, eitsss… tenang aja, kalian ngga perlu kok jauh jauh ke Korea untuk bisa nyobain kudapan ini. Coba bikin sendiri di rumah aja, dijamin gampang kok. Bahan bahan yang dibutuhkan diantaranya ceker ayam, susu, minyak wijen, gochujang, bawang, cabai, gula, dan kaldu.

Bersihkan terlebih dahulu ceker, mulai dari memotong kuku dan juga mencucinya. Lalu, untuk menghilangkan bau amis, rendam ceker dalam susu selama 10 menit. Setelah itu, ceker dimasak hingga empuk dan goreng hingga berubah warna coklat keemasan. Lanjut untuk bikin bumbunya, tumis bawang, minyak wijen, gochujang, cabai, dan kaldu hingga tercampur rata menjadi saus. Jika sudah, tinggal masukkan ceker tadi dan aduk aduk hingga ceker terbalut saus dengan sempurna. Sajikan maeun dakbal diatas piring dengan taburan bubuk wijen sangrai dan irisan daun bawang. Maeun dakbal, ceker saus pedas gila siap kalian santap…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button