Traktir

Bebek Peking, kuliner Tiongkok yang jadi sajian mewah sejak abad ke-13

Jika kita ke Beijing China jangan lupa untuk mencoba bebek pekingnya. Istilah ini mungkin sudah familiar bagi kalian, walaupun mungkin sekarang sudah sangat jarang terdengar.

Tenang sahabat kulinear, kalian tidak perlu lagi ke China untuk mencoba bebek Peking. kalian tinggal pergi ke restoran masakan China, dan sudah dapat mencobanya.

Bebek Peking. foto: instagram

Cita rasa bebek Peking

Bebek Peking sebenarnya hampir mirip dengan bebek panggang, cuma cara memasaknya saja yang berbeda.

Kulitnya yang tipis namun gurih, dagingnya yang lembut, serta disajikan dengan saus kacang manis, mentimun, bawang segar, dan dibungkus dengan pancake tipis, momo sebutannya.

Tidak asal, seorang koki yang mahir harus bisa memotong kulit bebek dengan ukuran yang sama besar. Dalam proses pembuatannya juga terbilang sulit dan rumit nih.

Sebelumnya bebek diternak dengan memberi pakan khusus dan tidak boleh bergerak banyak, supaya bebek gemuk dan dagingnya nanti bisa empuk sempurna.

Sehingga tidak heran, kalau masakan ini masuk 50 besar makanan terenak di dunia versi CNN (Poling tahun 2021). Selain itu, harga menu ini di restoran masakan China relatif mahal lho.

Apalagi ketika kalian ke Beijing pasti mudah sekali menemukan restoran yang menyajikannya, karena sudah menjadi kuliner internasional dari Tiongkok.

Cara memasaknya pun harus sama dengan cara memasak di China, itu karena kuliner ini adalah salah satu kuliner penting bagi masyarakat China dan keturunan Tionghoa dengan seni memasaknya yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Sejarah kuliner Dinasti Ming

Laman Tribunnews menulis bahwa sejak abad ke-13 dinasti Ming, bebek Peking panggang jadi salah satu menu favorit keluarga. Pada saat itu, tidak semua orang bisa menikmati hidangan ini, bisa dibilang makanan ini hanya diperuntukkan untuk keluarga raja dan tamu terhormat saja.

Pada tahun 1416, ada restoran bernama Bianyifang dan tahun 1864 juga ada restoran bernama Quanjude. Kedua restoran ini menawarkan menu ini, sehingga bebek Peking menjadi terkenal di seluruh dunia. Meskipun, begitu tidak semua koki bisa memasak masakan seperti yang aslinya lho.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT, Nsa)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button