Resep

Cara bikin frozen yogurt topping aneka buah ekonomis cuma 4 bahan

Frozen yogurt populer di Amerika sejak tahun 1970.

Selama pandemi covid-19 masyarakat butuh asupan gizi dan nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Salah satu kudapan yang cocok selama menjalani pandemi covid-19 adalah konsumsi yogurt.

Dilansir laman Health, yogurt memiliki kandungan gizi yang tak kalah dari susu, kandungannya antara lain kalsium, zat besi, dan beragam vitamin A, B, C, serta D.

Tak cuma itu, keunggulan lain mengonsumsi yogurt adalah kandungan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan. Karena itu, yogurt sangat menyehatkan sistem pencernaan hingga mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, kali ini redaksi Kulinear bakal membagikan resep membuat forzen yogurt (froyo) yang mirip dengan yang dijual di pasaran.

Resep ini cukup unik dan mudah tanpa mesin pembuat ice cream. Penasaran? Berikut bahan yang diperlukan:

Frozen Yogurt foto Pixabay

Resep Frozen Yogurt Ekonomis

Mudah cuma 3 bahan
Persiapan 1 hr
Waktu Memasak 2 hrs
Course Dessert
Cuisine American
Porsi 2 Orang

Peralatan

  • Blender

Bahan-bahan
  

  • 350 ml Susu cair plain
  • 1 sdm Gelatin powder atau bubuk agar-agar
  • 100 ml Delicyo Yogurt varian apa saja
  • 150 gr Potongan buah-buahan atau topping lain yang kalian suka

Cara Membuat
 

  • Masukan 350ml susu cair plain, dan 1sdm gelatin powder atau bubur agar-agar ke dalam panci ukuran kecil, lalu aduk rata.
  • Panaskan cairan susu diatas api sedang, aduk selama 5 menit atau terasa sedikit mengental, sisihkan.
  • Siapkan blender, tuangkan Delicyo Italian Yogurt dan cairan susu ke dalam blender, lalu putar blender ukuran sedang selama 1 – 2 menit, sisihkan.
  • Siapkan wadah cetak, dan tuangkan campuran susu & Delicyo Italian Yogurt kedalam wadah cetak, simpan di freezer selama 2 jam.
  • Keluarkan wadah, dan masukan kembali adonan yang sudah beku ke dalam blender, lalu putar blender ukuran sedang selama 30 – 45 detik atau sampai tekstur terlihat seperti gumpalan es.
  • Siapkan wadah yogurt dan plastik pencetak krim atau plastic kiloan biasa, gunting pola zigzag pada bajian ujng plastik.
  • Masukan adonan ke dalam plastic, lalu tuangkan ke dalam wadah dengan pola berputar ke atas.
  • Tata potongan buah atau topping lainnya di atas frozen yogurt. Lalu siap di hidangkan.
Keyword Resep Frozen Yogurt

Asal usul frozen yogurt (froyo)

Sebelum populer di dunia, sejarah froyo dimulai di Amerika, tepatnya sejak tahun 1970-an. Namun kepopuleran froyo sempat redup di tahun 1980-an karena tergerus tren makanan kekinian pada masa itu.

Dilansir laman Historia, pada tahun 1990-an froyo mulai merambah pasar sebagai salah satu produk dessert yang laku dipasaran. Beragam perkembangan variasi rasa yoghurt dan topping kemudian menjadikan froyo makin digemari konsumen.

Gerai-gerai froyo mulai marak baik di mall dan pusat perbelanjaan lainnya.

Di Indonesia sendiri, gerai-gerai froyo mulai marak sejak 2008. Trend jajan, makanan sehat dan kebiasaan nongkrong menjadi salah satu faktor pemicu froyo menjadi salah satu jajanan yang diburu orang.

Frozen Yogurt foto Pixabay
Frozen Yogurt foto Pixabay

Froyo yang dijual digerai-gerai froyo di mall-mall berbeda dengan froyo biasa. Di sini kita bisa memilih dan menambahkan aneka topping di dalam satu cup froyo.

Ada froyo original classic (rasa asli yogurt tanpa tambahan rasa), original sugar free (bebas gula), pomegranate (manis dengan sedikit rasa creamy), peach hingga greentea dengan aneka rasa buah-buahan.

Di salah satu gerai froyo kita bahkan bisa membuat kreasi froyo sesuai selera. Toppingnya pun bermacam-macam dari dry fruit, biskuit, lelehan cokelat, selai, cereal hingga potongan buah segar seperti strawberry, mangga, anggur, hingga kiwi.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recipe Rating




Back to top button