Traktir

Cara bikin pasta wasabi dan 5 contoh menu yang pakai si sambal Jepang

Wasabi dikenal sebagai lobak pedas Jepang yang sebenarnya berasal dari tanaman suku kubis-kubisan. Rasa pedas dari wasabi tentu berbeda dari cabai. Pedas cabai terasa di lidah, sedangkan wasabi akan terasa pedas di rongga hidung dan sinus.

Dalam hidangan Jepang, wasabi tidak hanya dimakan dengan sushi, tetapi juga bisa menjadi penambah kenikmatan pada hidangan lainnya. Wasabi biasanya akan diolah menjadi pasta sebelum bisa dinikmati dengan berbagai hidangan.

Berikut cara membuat pasta wasabi serta sejumlah contoh menu dengan wasabi yang bikin hidangan makin lezat.

Wasabi. Foto: Flickr/Stevendepolo

Cara membuat pasta wasabi

1. Siapkan rimpang khas Jepang

Wasabi. Foto: Instagram

Rimpang adalah salah satu bahan yang kamu butuhkan. Rimpang merupakan tanaman yang harga jualnya dibanderol sekitar Rp80.000 per 15 gram. Pilih rimpang yang tidak berkerut dan masih memiliki daun yang hijau.

2. Olah rimpang

Cuci dahulu rimpang wasabi dan parut hingga halus. Setelah itu larutkan dengan air secukupnya, lalu aduk rata hingga berbentuk seperti pasta yang kental.

5 Contoh menu dengan wasabi

Telur rebus dan wasabi

Masak telur rebus seperti biasa, lalu hilangkan bagian kuning telur dan menggantinya dengan wasabi. Cara ini sangat sederhana dan bisa jadi menu sarapan sehat.

Tuna lada hitam dan saus wasabi

Tuna bisa dimasak lada hitam dengan cara digoreng, dibakar, maupun dipanggang dalam oven. Rasa tuna cocok dengan saus wasabi, sehingga bisa menggantikan sambal bawang atau mayonaise.

Kentang goreng dan saus wasabi

Kentang goreng tidak hanya dinikmati dengan saus sambal dan saus tomat saja, tetapi juga bisa menggunakan saus wasabi. Selain menyajikan rasa yang berbeda dan unik, rasa wasabi cocok dipadukan dengan kentang.

Sushi bowl dan wasabi mayo

Maksud dari sushi bowl adalah komponen yang terdapat pada sushi ditata jadi satu dalam mangkuk. Kemudian kamu bisa menyantapnya dengan wasabi mayo dengan cara menyampurnya atau menggunakan caramu sendiri.

Barbecue salmon in wasabi & soy

Salmon yang dimasak dengan bumbu barbeque juga pas disajikan dengan wasabi dan saus kecap. Cara ini bisa jadi pengganti tuna dan menjadi cara lain untuk menikmati salmon.

Wasabi cukup fleksibel untuk dijadikan bumbu di berbagai masakan tanpa harus dibuat menjadi pasta terlebih dahulu. Namun, kamu juga bisa mempraktikkan cara membuat pasta wasabi agar bisa membuat cocolan untuk beberapa hidangan seperti 5 contoh menu di atas tadi, supaya kamu mendapatkan pengalaman merasakan pedas yang berbeda. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button