Resep

Cara gampang masak ketupat yang gurih dan tidak cepat basi, anti gagal

Hari raya Idul Fitri identik dengan kuliner ketupat. Budaya makan ketupat untuk hari besar agama Islam ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Bedanya hanya di lauk-pauknya saja. Belum lengkap rasanya kalau Lebaran tanpa ketupat. Masak ketupat bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau salah langkah, ketupat yang dihasilkan bisa jadi terlalu keras atau lembek dan cepat basi.

Nah, ada cara khusus untuk masak ketupat. Selagi ada banyak waku di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri. Jadikan Lebaran kali ini lebih berkesan!

Ketupat. Foto: Blogpictures.99.co

Tips memasak ketupat

Ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan saat masak ketupat agar hasilnya gurih, teksturnya pas dan tidak cepat basi.

  1. Kalau ada waktu lebih untuk membuat anyaman ketupat sendiri, pilih daun kelapa yang masih muda. Daun akan lebih mudah dibentuk dan tidak gampang patah. Jadi saat direbus, ketupat tidak mudah rusak.
  2. Masak ketupat harus terendam sepenuhnya, agar matang sempurna. Pastikan panci yang digunakan cukup besar dan menggunakan air rebusan yang cukup banyak.
  3. Kunci tekstur ketupat yang pas adalah takaran beras yang digunakan. Jangan masukkan beras terlalu banyak (membuat ketupat keras) atau terlalu sedikit (membuat ketupat lembek). Cukup isi hingga 2/3 bagian dari ketupat.
  4. Supaya ketupat lebih gurih, kamu bisa memasukkan kaldu bubuk di air rebusan ketupat.
  5. Kalau sudah matang, simpang ketupat dengan cara digantung. Dengan begitu, ketupat tidak basah dan lembap sehingga enggak mudah basi.
  6. Simpan sisa ketupat di dalam kulkas. Jika mau dimakan keesokan harinya, panaskan dengan cara dikukus.

Resep ketupat

Bahan:

  • 500 gr beras pulen
  • 8 buah ketupat kosong
  • air untuk merebus
  • 1 sdmĀ kaldu bubuk

 Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras lalu rendam selama 2 jam, sisihkan.
  2. Siapkan panci besar yang sudah diisi cukup air untuk merebus ketupat. Pastikan ketupat terendam sepenuhnya, ya. Rebus air sampai mendidih, tambahkan kaldu bubuk
  3. Masukkan beras lewat salah satu lubang ketupat di ujung bagian rangka hingga memenuhi 2/3 bagian wadah ketupat. Tutup kembali.
  4. Masukkan ketupat yang sudah diisi ke dalam air mendidih, tutup panci. Masak di atas api sedang hingga matang selama 3 sampai 4 jam, angkat, tiriskan.
  5. Ketupat siap disantap bersama semur, opor dan sambal goreng. Selamat menikmati!

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button