Resto

Cara masak jengkol supaya empuk dan tak berbau, lezat ditambah udang

Agar jengkol yang disantap bisa empuk, kamu harus melakukan beberapa tahap dahulu sebelum dimasak dengan aneka bumbu.

Jengkol salah satu bahan masakan khas Nusantara yang sudah terkenal hingga mancanegara. Namun, pohon jengkol ini tak hanya ditemukan di Indonesia saja, melainkan juga Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

Penampilan jengkol yang kurang menarik dan cara memasaknya yang perlu perlakuan khusus membuat jengkol menjadi makanan yang istimewa. Malah, ada banyak cara untuk mengolah jengkol yang bisa dicoba.

Rendang jengkol yang empuk. Foto: Wikimedia

Berikut ini cara memasak jengkol serta resep sambal jengkol udang sebagai salah satu olahan jengkol favorit.

Tips memasak jengkol supaya empuk

  1. Pilih jengkol yang tepat
    Jengkol yang berkualitas dan empuk ketika dimasak adalah jengkol yang sudah tua. Jengkol ini akan memberikan rasa yang nikmat dan empuk jengkol yang masih muda.
  2. Rendam jengkol dengan benar
    Fungsi merendam jengkol supaya dapat mengurangi bau tidak sedap dan menetralisir racun. Jangan khawatir, kalau cara ini tidak akan menghilangkan rasa nikmat pada jengkol.
    Jengkol harus direndam dalam air es atau air dingin dan dicampur dengan kapur sirih selama semalaman agar baunya hilang.
  3. Merebus jengkol
    Merebus jengkol adalah salah satu cara untuk membuat jengkol semakin empuk. Tambahkan bahan-bahan lain saat merebus jengkol, yaitu daun jeruk purut yang diiris dan memasukkannya pada jengkol yang direbus.
    Selain jeruk purut, kamu bisa menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji akan membuat jengkol lebih cepat melunak dan menghilangkan racun-racun yang terkandung dalam jengkol.

Resep sambal jengkol udang

Bahan:

  • 150 gram jengkol
  • 100 gram udang
  • 1 lembar daun salam
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula
  • ½ sdt penyedap rasa

Bahan bumbu:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 ons cabai merah keriting

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan udang, lalu sisihkan. Rebus jengkol, setelah empuk memarkan lalu dipotong-potong. Setelah itu goreng sebentar dengan udangnya dan sisihkan dulu.
  2. Haluskan semua bahan bumbu, kemudian tumis dengan daun salam hingga mengeluarkan aroma harum. Kemudian masukkan udang dan jengkol.
  3. Taburkan garam, gula, dan penyedap rasa, dan aduk merata. Tunggu hingga matang, lalu sajikan.

Resep sambal jengkol udang tergolong mudah dan sederhana, namun harus bersungguh-sungguh dalam mengolah jengkol sebelum dimasak di atas wajan agar citarasanya super lezat. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button