Traktir

Cara membuat donat kentang untuk pemula, mudah dan praktis

Cara membuat donat kentang, kalau kamu ingin memakan donat kentang yang enak dan nikmat kini tak selalu harus membeli terlebih dahulu. Kami tinggal membuatnya sendiri di rumah dan bisa ditambah-tambahkan sesuatu sesuai selera kamu.

Proses pembuatannya pun terbilang mudah dan bahan yang diperlukan cukup sederhana. Untuk kamu yang belum tahu cara serta bahan apa saja yang perlu kamu siapkan, artikel ini akan membahas cara membuat donat kentang serta 4 tips membuat adonan donat supaya lembut dan mengembang dengan bagus, dikutip dari Kompas, melalui buku “Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga-Donat Goreng dan Panggang” oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Tips mengolah adonan donat mengembang dengan bagus

Ilustrasi donat kentang Foto: Doyan Resep
Ilustrasi donat kentang Foto: Doyan Resep

– Aduk adonan hingga kalis

Pertama adalah disaat mengaduk adonan, upayakan mengaduk adonan donat hingga kalis. Mengapa demikian, karena agar donat memiliki tekstur yang lembut dan baik.

– Diamkan adonan donat sejenak

Proses selanjutnya diamkan sejenak adonan donat selama kurang lebih 20-45 menit. Istirahatkan hingga adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya.

Kemudian pastikan untuk menyimpan adonan pada wadah yang ditutupi dengan lap basah. Proses ini disebut dengan proses proofing. Ditutupi lap basah bertujuan agar menghindari donat mengering

– kempiskan adonan

Lalu mengempiskan adonan setelah proses proofing agar mengeluarkan udara di dalamnya. Itu semua karena udara dalam adonan dapat membuat donat menjadi keras. Menurut Epicurious, mengempiskan adonan caranya cukup dengan kepalan tangan.

Pukul perlahan adonan sampai kempis. Lalu, uleni adonan sebentar supaya tercampur rata Kembali.

– Jangan over proofing

Jangan sampai adonan mengembang berlebihan, karena akan membuat donat mudah mengempis. Dilansir Epicurious, adonan yang over proofing dapat membuat donat terlalu padat. Akibat dari gluten akan mengembang ke titik maksimal sehinnga tidak bisa menahan gelembung udara yang seharusnya memberikan tekstur roti.

Bahan membuat donat kentang

Untuk membuatnya, perlu menggunakan bahan dan takaran yang tepat. Selain itu, untuk pengolahannya lebih baik menggunakan mentega agar bertekstur lembut.

Bahannya berupa:

– 210 gram terigu protein tinggi

– 60 gram tepung kentang atau rebus

– 30 gram gula

– 15 gram susu bubuk

– 4 gram ragi

– 1 kuning telur

– 150 gram air dingin

– 30 gram mentega

– 4 gram garam

Cara membuat donat kentang

Campurkan terigu, gula, kentang serta susu bubuk. Lalu tambahkan ragi, kuning telur dan air dingin. Aduk adonan dengan mixer hingga kalis.

Setelah kalis, tambahkan garam dan mentega ke adonana. Aduk lagi dengan mixer sampai adonan elastis.

Lakukan proses proofing adonan donat selama kurang lebih 20-45 menit. Bentuk adonan dan lakukan kembali proofing.

Masak donat dengan digoreng pada minyak panas hingga kedua sisi matang. Angakat serta dinginkan. Taburkan donat dengan gula halus, bisa juga ditambahkan cokelat sesuai selera masing-masing.

Selamat mencoba.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button