Resep

Cara membuat donat yummy, bisa jadi ide bisnis rumahan

Camilan yang banyak digemari oleh anak zaman now salah satunya adalah donat. Donat yang dimaksud adalah yang bertekstur lembut. Donat seperti ini menggunakan tepung khusus yang dicampur antara tepung berprotein tinggi dan juga protein yang sedang. Dalam proses pembuatannya pun melibatkan fermipan saja, tanpa menggunakan baking powder sehingga lebih alami. Penasaran dengan bagaimana cara membuat donat ini ?langsung intip yuk.

Donat. Foto: Instagram

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung protein tinggi yang dicampur kan dengan protein sedang dengan rasio 50:50
  • 2 sendok makan fermipan atau ragi
  • 3 sendok makan gula halus
  • 4 sendok makan minyak goreng maupun mentega
  • Susu bubuk secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • 1 butir kuning telurnya saja
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula halus yang nantinya yang dipakai untuk membuat topping

Cara membuat donat:

Adonan pertama

  1. Masukkan air dan juga fermipan ke dalam wadah, sedikit demi sedikit atau bertahap sambil diaduk. Ulangi langkah tersebut sambil diaduk terus hingga berbuih. 

Adonan kedua

  1. Masukkan gula halus yang ditambahkan dengan kuning telur, susu bubuk, minyak goreng atau mentega. Pemberian susu bubuk di sini untuk memberikan cita rasa yang berbeda sekaligus melembutkan tekstur donat.

Pencampuran adonan

  1. Ayak tepung terigu untuk memastikan tidak ada yang menggumpal dan beri garam sangat sedikit.
  2. Campurkan antara ayakan tepung dengan adonan yang dibuat pada langkah pertama dan kedua.
  3. Uleni sampai adonan benar-benar kalis dan ini biasanya memerlukan ketelatenan dan tenaga. Apabila donat tidak diuleni sampai kalis hasilnya tidak bisa mulus yang mana teksturnya tidak halus.
  4. Apabila adonan terlalu lengket itu artinya kurang tepung sehingga kamu bisa menambahkannya dengan sedikit tepung sampai tidak terlalu lengket.
  5. Masukkan adonan yang sudah kalis ke dalam mangkok dan kemudian tutup dengan lap sedikit basah. Sebaiknya mangkok yang digunakan yang bening warnanya sehingga kamu akan bisa melihat apakah adonan sudah mengembang dengan baik, atau belum, tanpa membuka bagian lap penutupnya.
  6. Diamkan adonan selama 20 hingga 25 menit. Adonan yang sudah mengembang kemudian dibuka tutup platnya dan dibentuk bulat-bulat. Mengenai ukuran dari donat bisa disesuaikan dengan selera. 
  7. Proses pembentukan donat ini bisa dilakukan dengan menggunakan cetakan sehingga hasilnya bisa sama.
  8. Taburkan tepung dalam suatu wadah, dan donat yang sudah dicetak dimasukkan di dalamnya serta dibiarkan selama 45 menit. 
  9. Panaskan minyak dengan api sedang dan ketika minyak sudah hangat kamu bisa langsung menggoreng donat yang sudah mengembang. 
  10. Ingat untuk membalik donat supaya bisa matang kedua sisinya. Tiriskan donat yang sudah matang dan sisanya bisa diberi taburan gula halus.

Demikian cara membuat donat empuk. Cukup mudah dibuat bukan, resepnya? Kamu bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti gula halus, meisyes, selai coklat, strawberry, atau menambahkannya dengan kreasi lain yang menarik, jika donat tadi diniatkan untuk dijual.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button