Resto

Cemilan getuk pisang yang menjadi ikon kuliner asal Kediri

Siapa nih yang sudah nyobain cemilan getuk pisang Asal Kediri ? Jika belum, fiks kamu harus nyobain buat getuk ini di rumah. Sedikit cerita ya,  jadi aku tu baru tahu baru-baru ini tentang getuk Kediri, pas nyobain ? beneran rasanya tuh enak deh, cocok dijadikan cemilan saat waktu luang.

Getuk pisang ini berbeda dengan getuk singkong, getuk pisang berbahan dasar pisang raja nangka yang sudah matang dan bisa digantikan dengan pisang yang lainnya. Namun disarankan untuk menggunakan pisang raja nangka saja, sebab pisang raja nangka memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga banyak orang menyukainya.

Cemilan “Getuk Pisang” Yang Menjadi Ikon Kuliner Asal Kediri
Cemilan Getuk Pisang. Foto: @jasminkitchen

Getuk pisang merupakan kuliner turun temurun dari lintas generasi masyarakat Kediri yang sudah menjadi ikon Kota Kediri. Wuah istimewa sekali ya getuk pisang ini, bagi kamu yang penasaran cobain yuk buat di rumah. Berikut ini resep membuat cemilan getuk pisang Asal Kediri.

Getuk pisang. Foto: Instagram

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 1 sisir pisang raja nangka yang sudah matang
  • 250 gram singkong bersihkan dan potong-potong
  • ½ butir kelapa setengah tua lalu parut memanjang
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • ½ sdt vanili
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Bahan untuk membuat taburan getuk pisang Asal Kediri !
  • ½ butir kelapa setengah tua lalu parut memanjang
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat cemilan Getuk Pisang ini :

  1. Kupas bersih pisang raja nangkanya lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Siapkan kukusan lalu kukuslah pisang raja nangka dan singkong yang sudah di potong-potong  hingga memiliki tekstur yang empuk.
  3. Setelah memiliki tekstur yang empuk ambilah singkong dan pisang tersebut, lalu tumbuklah pisang raja nangkanya dan singkong bersama dengan kelapa parut, garam, gula pasir, vanili dan pewarna secukupnya hingga tercampur merata.
  4. Siapkan loyang lalu alasi dengan daun pisang dan daun pandan lalu tuangkan adonan getuk kedalam loyang. Ratakan permukaan loyangnya dan tekan-tekan agar padat.
  5. Siapkan kukusan, kukuslah getuk kurang lebih selama 30 menitan, angkat, tunggu dingin dan sisihkan.
  6. Siapkan bahan untuk membuat taburan getuk pisang lalu kukuslah bahan taburan tersebut kurang lebih selama 20 menitan. Jika sudah angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  7. Selanjutnya siapkan piring saji potong-potonglah getuk sesuai selera lalu tata di piring saji dan taburi dengan taburan yang sudah disiapkan.
  8. Getuk pisang siap untuk di sajikan.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button