Traktir

Croffle jadi tren makanan 2021, begini asa usul penemuannya

Croffle kini tengah viral dan menjadi jajanan kekinian yang banyak diburu anak-anak muda. Makanan ini sebenarnya sudah ada sejak 2017, namun kehadirannya baru membuat kehebohan belakangan ini.

Dikutip dari The Kraze Magazine, croffle dibuat oleh seorang chef pastry asal Irlandian, Louise Lennox. Adonan croissant digulung dan ditaruh ke atas cetakan wafel untuk membuat roti yang lebih renyah dari wafel biasa.

Menariknya lagi adalah isian dan toppingnya yang bisa dibuat manis dan gurih. Tak heran, makanan ini jadi sangat populer.

Dengan cepat makanan inovatif ini pun ramai berseliweran di halaman media sosial. Sang pencipta, Loiuse Lennox mengatakan, croffle adalah makanan yang luar biasa.

“Ini adalah makanan yang kamu rela antre untuk mendapatkan dan memakannya,” ujarnya dikutip Irish Independent.

Ide di balik makanan ini adalah bagaimana orang bisa mendapat croissant dan membuatnya jauh lebih enak. Dengan menaruhnya di cetakan wafel, hasilnya adalah pastry yang sangat renyah.

“Lalu kamu memasukkan rasa lainnya seperti alpukat dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan rasa lain di atasnya, bahan berbeda dan kamu melahirkan makanan baru yang sangat enak. Ini memberi croissant kehidupan yang baru,” tambahnya.

Di Korea Selatan, hidangan ini tengah menjadi tren. Apalagi dengan banyaknya pengguna media sosial yang ramai-ramai memamerkan sajian ini dengan tampilan yang Instagramable.

Demam croffle dari Korea hingga Indonesia

Kafe pertama yang membawa gelombang tren makanan ini pertama kali ke Korea adalah Aufglet. Kafe ini didirikan oleh empat orang bersahabat yang mencoba menonjolkan ciri khas mereka di segala hal, dari dekorasi hingga musik.

Kafe lainnya adalah Saddler Haus. Menu andalan mereka adalah gabungan rasaa gurih antara jagung dan keju. Mereka punya aturan ketat hanya membuat 60 wafel keju dan jagung dalam sehari, dan hany satu makanan yang bisa dibeli setiap orang.

Croffle, Foto: Instagram

Di Indonesia, demam makanan ini juga mulai melanda di akhir 2020. Kini, tren makanan ini pun semakin meningkat di 2021 dengan makin banyaknya kafe atau toko roti yang menawarkan sajian ini.

Salah satunya toko roti yang ada di Ashta Mal, kawasan SCBD Jakarta, Baker Man. Croffle di toko ini disajikan dengan siraman sirup mapel dan dihargai Rp28 ribu per potongnya.

Ada juga Social Affair yang ada di Cilandak Town Square. Mereka memiliki 3 varian adonan, yaitu plain, pandan dan red velvet.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button