Resep

Donat kentang sebagai cemilan sehat yang enak dan murah meriah

Donat adalah roti manis berbentuk bulat, dengan lubang di tengah, yang banyak disukai semua kalangan terutama anak-anak. Donat kentang di populerkan pada pertengahan abad 19. Bahan utama pembuatan donat yaitu kentang tumbuk atau tepung kentang. Donat ini juga disebut sebagai Spudnut di Amerika Serikat. Donat ini cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan donat dari tepung terigu pada umumnya.

Sajian lezat makanan ringan yang digemari banyak orang dan menggoda untuk disantap ini, terbilang mudah dan sederhana dalam pembuatannya.

Resep donat kentang asli dipanggang

  • 2 butir telur
  • 400 gram tepung terigu
  • 300 gram kentang
  • ½ sdt garam
  • Gula pasir
  • 1 std ragi instan / fermipan
  • Air es atau susu cair dingin
  • Margarin

Cara membuat :

  1. Cuci kentang hingga bersih dan kupas kulitnya, kemudian rebus kentang sampai empuk kurang lebih 20 menit.
  2. Ketika sudah matang,  kemudian haluskan kentang sampai benar-benar halus.
  3. Jika semua sudah siap, campurkan tepung terigu dengan ragi, gula psir, dan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Lalu aduk hingga semuanya tercampur dengan merata dan kalis.
  4. Tambahkan margarin dan garam, lalu aduk kembali hingga kalis dan adonan menjadi elastis.
  5. Kemudian, diamkan adonan selama 15 menit agar adonan menjadi lebih mengembang.
  6. Lalu, kempiskan adonan menggunakan tangan membaginya sesuai selera. Bulatkan adonan, kemudian diamkan kembali selama 20 menit.
  7. Setelah itu, ketika adonan sudah mengembang kembali lubangi bagian tengah adonan donat. Lalu letakkan pada loyang yang telah ditaburi tepung terigu dan diamkan kembali selama 30 menit.
  8. Kemudian, panaskan wajan yang datar, atau teflon, dan olesi dengan margarin secara merata. Lalu panggang donat diatas teflon biarkan sampai mengembang secara merata, jangan lupa dibalik agar tidak gosong, dan donut menjadi matang sempurna.
  9. Ketika donat ini sudah matang, tiriskan, bisa ditambahkan toping seperti gula halus, selai coklat atau messes. Dan kentang siap untuk dinikmati dengan secangkir kopi.

 Donat kentang bagi kesehatan

Bahan dasar kentang sebagai donat mengandung karbohidrat yang biasa dijadikan makanan pengganti nasi sangat cocok untuk yang sedang melakukan diet. Apalagi memasak donat kentang yang dipanggang dan tidak digoreng, bisa mengurangi kadar minyak yang terdapat dalam donat ini. Sehingga bagi yang mempunyai kolesterol, mengkonsumsi donat yang dipanggang sangat baik, dan cocok menjadi cemilan sehat setiap hari.

Baca juga: Snack Korea halal yang patut dicoba, pas buat traveler muslim

Donat kentang. Foto: Instagram

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button