Resto

Es podeng cake, dessert box yang super cantik dan lembut

Sahabat kulinear, udah pernah nyobain es jadul tapi dikemas jadi cake yang kekinian yang super cantik? Hidangan ini namanya es podeng cake. es podeng disajikan dengan dessert box, yummy tampilannya menggoda banget. Siapapun yang melihatnya bakalan ngiler deh. Sahabat kalian yang suka es manis dan seger, dessert ini bisa jadi pilihan. Segar manis dari es podeng serta mengenyangkan dari cakenya.

Es podeng cake manis dan lembut

Es podeng cake. Foto: Instagram


Sahabat, katanya podeng berasal dari bahasa Madura lho. Podeng itu berarti puter, jadi es podeng adalah es puter.
selain es podeng, es tradisional lain seperti es Doger dan es teller juga ada yang dibuat menjadi dessert box lho. Hmm, semuanya kelihatan enak, susah nih mau pilih yang mana hehe.


Kalian yang mau coba bikin juga bisa banget. Walaupun kelihatannya mewah, tapi bahan yang dipakai tetap simpel dan mudah kok. untuk bahan cake nya ada tepung terigu, gula pasir, telur ayam, tepung maizena, pelembut, susu bubuk dan pewarna makanan. Semua bahan diatas diblender menggunakan mixer sampai lembut ya. Telur disini berpengaruh terhadap tekstur cake lho. Penggunaan telur yang banyak akan membuat sponge cake lebih lembut. Jika sudah lalu diberi pewarna makanan seperti Coco pandan untuk warna merah dan pandan untuk warna hijau.

es tradisional dikemas kekinian


Cake kemudian dituangkan kedalam loyang dan panggang sampai mengembang. Nah, setelah itu kita siapkan bahan filling dan topping dessert boxnya. Bahannya boleh disesuaikan dengan selera kalian, mau yang segar, manis atau gurih juga bisa kok. Kalau suka segar bisa beri potongan buah alpukat, kelapa muda dan buah lainnya. Sedangkan jika suka rasa manis bisa diberi cokelat, meises, susu dan keju. Untuk rasa gurih bisa pakai taburan kacang, wah benar-benar penasaran dengan rasanya.


Nah, tapi kali ini kita buat yang ala tradisional ya. Yaitu siapkan wadah boxnya, lalu taruh cake di bagian bawah. Selanjutnya, beri filling seperti whipping cream, lalu atasnya beri isian mutiara, nangka, dan agar-agar. Setelah itu tutup lagi dengan cake dan whipping cream, lalu beri topping meises, kacang dan cokelat. lapisan es podeng cake berlayer-layer dan tanpa menggunakan es batu ya. Karena nantinya es podeng cake disimpan didalam lemari es. Menu es tradisional di Indonesia memang juara banget rasanya. Walaupun jadul, tapi tidak membuat es ini ketinggalan zaman.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button