Resto

Gado-gado praktis dengan bumbu pecel instan untuk bekal kantor

Makanan menyehatkan sebagian besar mudah untuk dibuat. Terlebih lagi di era sekarang bumbu instan sudah semakin banyak beredar. Salah satu bumbu instan yang sering digunakan adalah bumbu pecel. Kita bisa membuat gado-gado dari bumbu instan, sehingga sama sekali tidak perlu ulekan. Kamu juga tidak perlu repot-repot masak nasi, karena dalam gado-gado sudah lengkap gizinya. Isi dari gado-gado berupa kentang yang mengandung karbohidrat. Timun yang mengandung vitamin C, wortel, serta kacang panjang yang lengkap dengan serat. Jika kamu ingin membuat hidangan yang lebih wah dari gado-gado praktis, maka bisa menambahkan salada. Penasaran dengan cara membuatnya kamu bisa langsung simak berikut.

Gado-gado khas Betawi. Foto: Wikimedia
Gado-gado khas Betawi. Foto: Wikimedia

Bahan-bahan:

  • Wortel yang dipotong dengan bentuk korek api
  • Kacang panjang
  • Kentang yang dipotong bentuk dadu
  • Timun
  • Tomat merah yang sudah dicuci bersih
  • Daun selada yang sudah dicuci bersih dengan air matang
  • Telur yang sudah direbus
  • Kerupuk

Cara membuat gado-gado yang praktis:

  1. Gunakan panci yang ada penyekatnya. Panci seperti ini bisa ditemukan di toko peralatan memasak ala China. Masukkan air ke dalam panci. Masukkan wortel, kacang panjang, dan kentang ke dalam wadah yang berbeda diantara sekat-sekat panci.
  2. Nyalakan api dan tunggu sampai airnya mendidih.
  3. Potong-potong timun dengan bentuk memanjang.
  4. Tomat juga dipotong juga dengan bentuk memanjang.
  5. Daun selada ditata di atas piring saji. Timun dan tomat juga ditata supaya rapi di atas daun selada.
  6. Apabila rebusan sudah mulai mendidih, kamu bisa mulai mematikan api kompor. Angkat dan sisihkan secara rapi di atas tirisan.
  7. Jika air yang terdapat pada sayur sudah berkurang, maka kamu bisa mulai meletakkan dan menata di piring saji.
  8. Pakai air rebusan sayur untuk membuat tekstur dari bumbu pecel instan lebih cair. Aduk-aduk terus sampai bumbu pecel terlarut dengan baik di air.
  9. Taburi dengan menggunakan kerupuk di atas gado-gado.
  10. Gado-gado sudah siap untuk disajikan.

Masak gado-gado juga bisa kamu bawa sebagai bekal makan siang di kantor. Bawa bekal makan siang ke kantor jauh lebih baik daripada harus terus-menerus jajan di luar. Mengingat jajan di luar juga kita tidak dapat mengetahui proses pembuatan apakah higienis atau tidak. Masalah higienitas adalah hal penting, terutama di masa pandemi.

Kamu bisa terus mengasah kemampuan memasak dengan resep-resep terbaru di Kulinear. Bahkan kamu juga bisa mengetahui referensi seputar cafe maupun tempat makan hits.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button