Traktir

Gawat !! Ada kue aneh, usus ayam jadi kue ? Rasanya gurih nagih pula

Kuliner adalah satu kesatuan luas yang mencakup aneka sisi makanan dan minuman. Mulai dari bentuk, warna, rasa, resep, pusat dagangannya, dan masih banyak lagi. Bukan jadi hal asing kalau makin kesini makin banyak kuliner unik dan aneh yang bermunculan. Salah satu alasannya adalah untuk menarik perhatian pelanggan. Namun, taukah kamu kalau konsep seperti ini sudah ada sejak zaman dulu. Faktanya, sudah ada aneka kue tradisional yang memiliki bentuk aneh dan unik lho. Salah satunya adalah Kue Usus Ayam yang gurih nagih. Eh lho lho, bentar dulu. Ini gimana ceritanya ya ? Usus ayam dibuat kue kering gitu ? Masa enak sih ?

Eitsss, tenang aja ya guys. Bahan yang dipakai untuk membuat kue usus ayam bukan usus yang jadi isian perut ayam asli ya. Tetep berbahan dasar tepung seperti kue pada umumnya kok. Jadi, yuk simak lebih dalam lagi supaya nggak salah paham sama kue satu ini.

Jadi ini alasan dibalik nama Kue usus ayam?

Kue usus ayam adalah sajian kue berbentuk lonjong memanjang yang dibuat melingkar-lingkar seperti obat nyamuk. Bentuknya yang panjang melingkar seperti usus isian perut ayam adalah alasan dibalik nama kue usus ayam digunakan. Rasanya pun gurih. Jadi sekali lagi nggak pake usus ayam asli ya guys…

Kue usus ayam. Foto: Instagram

Kue usus ayam umumnya berwarna coklat keemasan layaknya gorengan yang baru matang diangkat dari minyak panas. Kue usus ayam memiliki citarasa sederhana mirip odading yaitu manis dan gurih dari penggunaan air kelapa. Meskipun begitu, kue ini disukai banyak orang lho.

Kue usus ayam dibuat dari campuran adonan tepung terigu protein sedang, ragi instan, gula, baking powder, garam, vanili, telur, kelapa, dan minyak untuk menggoreng. Nantinya semua bahan kecuali minyak goreng akan dicampurkan sampai rata menggunakan mixer.

Jika sudah, diamkan adonan selama 20 menit dan masukkan ke dalam plastik segitiga. Panaskan wajan dengan minyak goreng yang banyak. Setelah itu, semprotkan adonan dari wadah plastiknya menjadi bentuk seperti tali besar yang melingkar. Masak sambil terus dibolak balik hingga matang merata ya guys. Kue usus ayam siap dihidangkan dan jadi menu camilan kamu.

Sekarang, keberadaan kue usus ayam mulai langka. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda bisa terus melestarikan kue tradisional yang masih belum diketahui kota asalnya ini. Selain bahannya yang murah dan mudah dijumpai, proses memasaknya juga mudah lho. Jadi cocok dan bisa kamu coba jadi ide peluang bisnis baru dirumah selama pandemi. Selamat mencoba guys….

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button