Traktir

Gurih dan crispy! 10 keripik khas Indonesia, mulai belut sampai melinjo

Aneka keripik khas Indonesia ada banyak, terbagi berdasarkan bahan pembuatannya. Tentunya, keripik ini diolah dengan baik dan dibumbui khas Nusantara.

Berikut ini macam-macam keripik khas Indonesia yang bisa diperkenalkan di luar negeri juga. Enak dijadikan camilan atau teman makan nasi.

Keripik belut

Keripik belut. Foto: pinterest.com

Keripik ini terbuat dari belut yang digoreng dengan tepung dan bawang, sehingga memiliki rasa yang gurih. Rasa keripik ini sangat renyah dan jarang bisa didapatkan. Kandungan protein di dalam belut baik untuk tubuh.

Keripik tempe

Keripik tempe. Foto: Pinterest/Cookpad

Tempe khas Indonesia diolah menjadi keripik yang gurih. Banyak juga ditemukan keripik tempe yang manis dan pedas. Kreasi rasa keripik tempe bermacam-macam, menaikkan nilai jual tempe itu sendiri.

Keripik rumput laut

Indonesia punya banyak rumput laut, sehingga banyak orang mengolahnya menjadi keripik. Rasanya gurih-gurih asin yang cocok jadi cemilan di rumah.

Keripik singkong

Keripik singkong khas Indonesia punya rasa yang berbeda dari keripik asal luar negeri karena bumbu yang digunakan. Selain itu, keripik singkong juga sudah banyak dikemas dan dijual di berbagai daerah.

Keripik kaca

Dari namanya saja sudah unik. Keripik yang punya tekstur renyah ini berbentuk tipis dan bening. Biasanya, keripik kaca dibumbui dengan cabai hijau atau cabai merah, sehingga rasanya pedas dan jadi favorit banyak orang.

Sale pisang

Keripik yang terbuat dari pisang ini berbeda dari yang lainnya. Bentuknya sedikit tebal dan berwarna cokelat, sangat berbeda dari warna pisang. Namun rasa manis dan renyahnya tidak bisa diragukan lagi.

Brangkal

Sedikit orang mengetahui jenis keripik yang satu ini. Terbuat dari singkong, namun berbeda dari keripik singkong pada umumnya. Brangkal berbentuk persegi panjang dan pipih dengan rasa singkong yang kental. Brangkal bisa diolah dengan rasa manis hingga pedas.

Opak

Opak. Foto: Instagram

Opak adalah kerupuk khas Sunda yang terbuat dari tepung beras dan garam, serta kelapa parut. Bahan opak yang berbeda dari keripik lainnya membuatnya menjadi istimewa.

Keripik gadung

Umbi gadung tipis ini dibuat menjadi keripik bergaya tradisional. Cara menghilangkan racunnya harus tepat, sehingga keripik gadung aman dikonsumsi.

Emping

Ada aneka jenis emping yang terbagi dari bahan pembuatnya. Ada emping jagung, garut, hingga melinjo. Ciri khas emping punya rasa yang sedikit pahit, namun tetap dipadu dengan garam dan rasa lainnya untuk memberi variasi rasa yang dapat ditoleransi.

Untuk kuliner inspiratif lainnya, Yuk follow Kulinear. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button