Kaki Lima

Jogja streetfood, 7 kuliner murah meriah yang bikin kangen

Ketika di Jogja, kenangan yang paling melekat tidak hanya ketika di Malioboro, melainkan juga pada kulinernya. Kuliner Jogja punya berbagai keunikan yang bisa kamu nikmati dengan harga yang sangat terjangkau.
Jika kamu ingin membawa oleh-oleh, kamu wajib mengenal dulu Jogja streetfood berikut yang bisa jadi referensimu.

Yangko

Yanko. Foto: Instagram

Yangko adalah makanan khas Kotagede yang terbuat dari tepung ketan. Makanan yang berwarna-warni ini manis dan teksturnya kenyal. Yangko pas untuk jadi oleh-oleh karena dapat dibeli dalam jumlah yang banyak dengan harga yang tetap murah.

Entok slenget

Entok slenget. Foto:genpijogja.com

Streetfood Jogja ini terbuat dari itik yang terkenal dengan tekstur daging yang alot. Entok makin lezat jika dimasak pedas dan ditambah dengan hati ampela serta balungan entok lainnya.

Peyek tumpuk

Peyek tumpuk. Foto: tribun

Keunikan peyek yang tidak biasa dari yang lainnya ini adalah bentuk yang tidak pipih bulat. Peyek tumpuk ini pertama kali diperkenalkan oleh Mbok Tumpuk. Peyek tersebut dijual dengan harga yang murah, sehingga jangan segan-segan membelinya untuk oleh-oleh.

Brongkos

Brongkos. Foto: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Saat di Jogja, jangan lupa makan brongkos. Makanan ini memiliki beberapa bahan seperti telur rebus, koyor, tahu, kacang tolo, dan kuah hitam yang biasa disajikan dengan nasi juga. Kamu bisa menimati brongkos dengan lauk perkedel atau peyek.

Bakpia patok

Bakpia patok. Foto: pinterest.com

Oleh-oleh khas Jogja ini wajib kamu beli. Rasa bakpia beraneka ragam, mulai dari kacang hijau, cokelat, hingga durian. Kamu bisa membeli satu kotak bakpia dengan rasa yang lengkap. Tekstur yang lembut dan bentuk bulat ini akan mengingatkanmu pada kota Jogja.

Kicak

Resep Kikicak Habang Anum Khas Banjar Super Legit
Resep Kikicak Habang Anum Khas Banjar Super Legit Photo by Pinterest

Kicak jadi salah satu Jogja streetfood yang murah meriah. Dengan harga Rp 2.000 saja kamu sudah bisa merasakan manis, asin, dan gurih dari makanan yang terbuat oleh jadah ini. Tak cuma jadah lho, ada juga nangka dan parutan kelapa yang melengkapi kicak.

Belalang goreng

Tak hanya di Thailand, tetapi di Jogja kamu juga bisa menemukan belalang goreng. Makanan khas Gunung Kidul yang unik ini terbuat dari belalang kayu yang digoreng dengan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, garam, dan cabai. Proteinnya tinggi, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Kuliner khas Jogja tak hanya gudeg lho. Ada banyak lagi makanan yang bisa kamu temukan jika ingin membawa oleh-oleh khas Jogja. Terutama dengan mengeksplor Jogja streetfood yang mengenalkanmu pada berbagai panganan dengan harga murah meriah. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button