Bubur khas nusantara ini bikin kamu merasa kurang piknik. Ada 7 varian. Bukan main!!

- Selasa, 29 Desember 2020 | 03:30 WIB
Tukang bubur. Foto: Misbahul Aulia di Unsplash
Tukang bubur. Foto: Misbahul Aulia di Unsplash


Sudah bosan dengan bubur ayam dan bubur sumsum yang punya rasa gitu gitu aja? Ini waktunya kamu tahu aneka bubur khas Nusantara yang punya komposisi beragam, dan pastinya tidak membuatmu bosan. Berikut ini 7 bubur khas daerah-daerah di Indonesia yang bisa kamu coba.





Bubur khas nusantara : kanji rumbi






Aceh punya makanan khasnya yang mendapat pengaruh dari Tiongkok dan India, yaitu bubur kanji rumbi. Masakan ini memiliki sepuluh rempah-rempah, termasuk kapulaga hijau.
Makanan dengan tambahan minyak samin ini dapat menghangatkan badan dan mengenyangkan perut meski hanya seporsi kecil.





Bubur kampiun





-
Bubur kampiun. Foto: traveling yuk




Kuliner ini merupakan khas Sumatera Barat yang punya variasi beragam bubur dijadikan satu, yaitu bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, dan conde. Lalu dicampur dengan ketan putih yang dikukus, dan kolak pisang atau ubi.
Variasinya seperti kompilasi lagu-lagu yang keren sepanjang masa menjadi satu playlist alias kamu akan menikmatinya hingga titik terakhir.





Bubur tinutuan





Manado juga punya masakan khasnya yang terbuat dari berbagai sayuran. Ada labu kuning, bayam, jagung, kangkung, dan kemangi. Makanan ini cocok dimakan untuk sarapan pagi, memenuhi nutrisi tubuh sebelum beraktivitas seharian nantinya.
Di Manado, bubur ini disajikan dengan perkedel nike, sambal roa, ikan tuna asap, dan perkedel jagung. Bisa juga disajikan dengan mie atau sup kacang merah.





Bubur cerancam





Disebut juga bubur ase, makanan khas Betawi ini terbuat dari beras biasa yang dilengkapi dengan kacang kedelai, tauge, semur daging sapi, dan kerupuk merah. Yang membuatnya begitu khas adalah kuah semur Betawi yang berwarna hitam.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X