Rekomendasi nasi gandul yang wajib kamu coba di Pati

- Rabu, 27 Januari 2021 | 17:40 WIB
Sego Gandul Khas Pati. Foto : Pinterest
Sego Gandul Khas Pati. Foto : Pinterest


Para traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner nasi gandul. Nasi gandul merupakan kuliner khas Pati Bumi Mina Tani. Bagi yang awam tentang nasi gandul jangan berpikir kalau nasinya digantung atau digandulkan, ya.





Sejarah nasi gandul memiliki beberapa versi. Salah satunya yaitu pada zaman dulu orang berjualan dengan cara menggunakan pikulan begitupun nasi gandul ini. Dulu penjual nasi gandul menggunakan pikulan yang berisi kuali tempat untuk kuah di salah satu sisinya. Kemudian sisi yang lain ada nasi dan perlengkapan nasi gandul yang lain. Saat berjalan, kuali-kuali yang dipikul si penjual akan bergantungan ke kanan dan kiri mengikuti irama langkah kaki. Dari situlah masyarakat memberi nama nasi gandul atau sego gandul.





Nasi gandul disajikan dengan ciri khas piring yang diberi alas daun pisang. Kemudian atasnya diberi nasi serta kuah gandul dan beberapa irisan daging sapi. Tak lupa tambahkan beberapa lauk seperti tempe goreng, perkedel, tempe bacem, tahu bacem dan telur bacem.





Untuk cara makannya pun unik yaitu dengan menggunakan suru alias daun pisang yang dipotong kemudian dilipat. Tapi bagi yang tidak bisa menggunakan suru bisa menggunakan sendok dan garpu.





Berikut ini beberapa rekomendasi tempat nasi gandul terenak yang wajib kamu coba ketika di Pati.

Halaman:

Editor: Herdiana Prasetyaningrum - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X