Kelezatan pecel pakis Colo, isi dan bumbunya beda dari yang lain

- Kamis, 25 Februari 2021 | 10:20 WIB
Pecel pakis Colo. Foto: Instagram @maroofhaseem
Pecel pakis Colo. Foto: Instagram @maroofhaseem


Pecel kuliner tradisional yang mudah dijumpai. Tapi pernahkah kamu mencicipi pecel pakis Colo? Pecel yang satu itu punya variasi isi dan bumbu yang berbeda dari pecel yang sudah banyak dikenal.





Indonesia memiliki banyak ragam kuliner yang lezat dan nikmat. Salah satu kuliner ikonik yang sudah melegenda adalah nasi pecel. Nasi pecel ini merupakan nasi yang dikombinasikan dengan berbagai macam jenis sayuran segar yang sudah direbus dan dikeringkan, kemudian diguyur dengan bumbu sambal kacang tanah.





Nasi pecel dapat dijumpai terutama di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain tiga daerah tersebut, saat ini nasi pecel sudah tersebar ke berbagai macam daerah di Indonesia. Hal ini terjadi, dikarenakan banyak warga dari daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa timur yang berimigrasi ke berbagai daerah di Indonesia, sehingga mereka turut mengenalkan nasi pecel.





Meskipun sudah tersebar dimana-mana, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikan satu porsi nasi pecel. Akan tetapi ada jenis nasi pecel yang hanya bisa di jumpai di satu kota saja, yaitu pecel pakis Colo.





-
Pecel pakis. Foto: Instagram




Apa itu Pecel Pakis Colo?





Sesuai dengan namanya, pecel pakis ini hanya bisa dijumpai di daerah Colo, lereng Gunung Muria, Kabupaten Kudus. Menu ini berbeda dengan nasi pecel yang terdapat di daerah lainnya. Kalau biasanya nasi pecel menggunakan sayuran kangkung, bayam, tauge, daun ketela dan daun kemangi, dengan bumbu kacang.

Halaman:

Editor: Rekha Azzi Fahmi Farezi - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X