Lenjongan Solo yang ngangenin, jajanan pasar banyak digemari wisatawan

- Senin, 9 Agustus 2021 | 06:30 WIB
indofoodlovers_20210807_4
indofoodlovers_20210807_4


Sahabat kulinear, ada kuliner istimewa dari pulau Jawa lho. Kuliner ini kalau dibilang masih saudaraan sama getuk dari Jawa Tengah. Selain Solo terkenal sebagai kota yang banyak wisatanya, sejarah, budaya, juga punya kuliner-kuliner yang khas dan tradisional. Salah satunya yaitu Lenjongan Solo. Kuliner ini wajib masuk dalam daftar kuliner yang harus dicoba.






Sahabat Kulinear, sebelum kita membahas kulinernya kita ulas sedikit yuk, tradisi di kota Solo. Tradisi unik yang ada di kota Solo Jawa tengah adalah kirab pusaka tanggal 1 suro. Acara ini dilaksanakan oleh keraton Surakarta dan Puro Mangkunegaran pada malam hari tanggal 1 suro. Tradisi ini merupakan peringatan tahun baru Jawa yaitu satu Suro atau Muharram. Sebenarnya masih panjang ceritanya, tapi kita alihkan pada hidangan Lenjongan.





Lenjongan Solo yang legendaris






https://www.instagram.com/p/zgJY16s7ll/?utm_medium=share_sheet
Lenjongan. Foto: Instagram




Teman-teman, Lenjongan Solo banyak dijumpai di pasar tradisional yaitu pasar gede, tepatnya di jalan Urip Sumoharjo, Surakarta. Yang sudah dibangun sejak tahun 1930-an lho.
Tidak hanya jajanan seperti Lenjongan, bahkan makanan berat pun banyak dijual di sana.






Lenjongan merupakan kudapan manis dengan tekstur yang kenyal. Biasa disajikan dengan alas daun pisang. isiannya juga beragam ada ketan hitam, tiwul, sawut, ketan putih, Gatot, gendar, getuk tiwul dan cenil. Tidak lupa juga so pasti siraman gula merah cair dan taburan kelapa parut, wah lengkap banget kan?






Isiannya yang banyak ini ternyata tidak buat kantong kering tuh, harganya terjangkau hanya 5 ribuan saja per bungkus. Sebenarnya Lenjongan Solo lebih enak kalau dibuat sarapan. Cocok banget kan buat memulai hari dan pastinya bisa menambah stamina kalian.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X