Sejarah nasi uduk ternyata bukan milik Betawi saja, tapi ada perkawinan dua bangsa

- Senin, 9 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi nasi uduk. Foto: Cassalover/Cookpad
Ilustrasi nasi uduk. Foto: Cassalover/Cookpad


Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia, maka tak heran jika banyak kuliner di Tanah Air ini terbuat dari nasi, di antaranya ada nasi goreng, nasi kuning, nasi ulam, dan lain-lain.





Ada satu sajian yang menjadi menu favorit bagi warga lokal, yaitu nasi uduk. Makanan ini biasanya sering dikonsumsi untuk sarapan ketika ingin pergi bekerja, sekolah maupun kegiatan lainnya.





Nasi uduk merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama nasi putih beraroma rempah. Nasi itu yang diaron serta dikukus bersama dengan santan, lalu dikombinasikan dengan bumbu rempah-rempah pilihan dan menjadikan makanan ini memiliki rasa dan aroma yang khas.





Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti, telur, gorengan, tempe orek, bihun, bawang goreng, sambal goreng atau sambal kacang serta ditaburi dengan kerupuk. Pedagang nasi uduk cukup mudah ditemui di pemukiman penduduk pada pagi hari.





 Ketika menjelang siang biasanya para pedagang sudah mulai tutup karena sudah habis. Terkadang ada juga yang menjualnya ketika malam hari dan bisa ditemukan pada tepi-tepi jalan di kota besar.

Halaman:

Editor: Perdana Bagaskara - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X