Asal usul cireng, camilan hits yang booming di tahun 1980an

- Senin, 16 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi cireng. Foto: Freepik
Ilustrasi cireng. Foto: Freepik


Cireng, aci digoreng camilan khas daerah sunda Kota Bandung khususnya memang tidak pernah tergerus zaman. Walapun sudah ada dari dulu, tetapi cireng tetap eksis hingga sekarang. Padahal banyak sekali makanan-makanan modern bermunculan, namun jajanan tradisional ini mampu bertahan.





Aci digoreng merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti ‘tepung kanji digoreng’. Dalam proses pengolahannya, adonan yang berbahan dasar tepung kanji atau tapioka serta campuran bumbu-bumbu seperti tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih dan lain-lain digoreng dengan minyak panas sampai kering dan renyah pada bagian luarnya, tetapi dalamnya tetap agak basah serta kenyal.





Dulu hanya ada dua bentuk dari jajanan khas sunda ini. Pertama ada yang bentuknya pipih atau gepeng, sedangkan yang kedua memiliki bentuk yang tidak beraturan.





Sekarang cireng memiliki beragam bentuk, ada banyak pedagang cireng yang sudah berinovasi dalam segi bentuk maupun rasa. Pada segi bentuk ada yang berupa bintang dan ada yang seperti pastel.





-
Ilustrasi cireng. Foto: 99.co




Sedangkan dalam segi rasa, terdapat rasa kornet, ayam, sosis, baso, keju, cabai dan masih banyak lainnya. Bahan tersebut ditambahkan sebagai isiannya.

Halaman:

Editor: Perdana Bagaskara - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X