Sejarah kue putu, ternyata sudah ada sejak zaman Dinasti Ming

- Senin, 16 Agustus 2021 | 14:30 WIB
Ilustrasi kue putu. Foto: Pinterest
Ilustrasi kue putu. Foto: Pinterest


Kue putu termasuk kudapan manis kuno yang masih bertahan kehadirannya. Walau sudah jarang ditemukan, tetapi masih banyak sekali peminat jajanan yang memiliki warna hijau terang ini.





Walaupun banyak yang menganggap kue ini merupakan jajanan asli Indonesia, namun nyatanya kue putu bukan berasal dari bumi pertiwi ini, tetapi banyak yang percaya bahwa kue putu sudah dikenal di tiongkok terlebih dahulu. Itulah sebabnya kue putu tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia, melainkan bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura.





Kuliner yang terbuat dari tepung beras ini cara memasaknya denga dikukus. Warna hijau terang kue ini dihasilkan dari daun suji.





Pada penyajiannya, umumnya kue ini diisi dengan gula Jawa, dicetak dengan bambu lalu dikukus dengan uap yang ada pada gerobaknya. Setelah matang, kue pun dikeluarkan dari cetakkan dengan cara dicolok, lalu gula Jawa yang ada di dalamnya menjadi cair.





-
Ilustrasi kue putu. Foto: Wikipedia




Bila dipotong gulanya akan lumer. Selain itu, teksturnya juga lembut,aroma kelapanya berasa dan rasanya yang manis membuat kue ini menjadi begitu popular di kalangan masyarakat. Kue putu juga kerap ditaburi parutan kelapa putih sebelum dihidangkan.

Halaman:

Editor: Perdana Bagaskara - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X