Serabi khas Jawa Barat camilan tradisional yang masih eksis dengan berbagai inovasi

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi serabi. Foto: Pinterest
Ilustrasi serabi. Foto: Pinterest


Serabi, salah satu jajanan pasar sedari dulu yang masih eksis hingga sekarang. Camilan ini tidak hanya ditemukan di Kota Jakarta saja, melainkan di tanah Jawa, bahkan rasanya disana lebih mudah ditemukan karena pedagangnya masih banyak dibanding di Ibu Kota. Selain di Jawa, serabi juga terdapat di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.





Serabi atau surabi adalah camilan pasar yang berasal dari Indonesia. Di daerah Jawa Barat kudapan ini disebut dengan sorabi atau surabi. Penyajian serabi Sunda berbeda dengan Jawa. Di Sunda, serabi dihidangkan dengan isian oncom dan asinan lainnya, sedangkan di Jawa, umumya disajikan dengan isian gula atau manisan lainnya.





Makanan ini umumnya dibuat dari tepung beras atau terigu yang dibuat sedemikian rupa hingga enjadi adonan siap masak.





Camilan ini biasanya dimasak dengan cara dibakar menggunakan alat tradisioanl yaitu tungku. Tungku tersebut terbuat dari tanah liat yang diberi arang panas bukan kompor, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas.





Sejarah





-
Ilustrasi serabi. Foto: Kompasiana




Kata serabi berasal dari Bahasa Sunda yakni ‘sura’ yang memiliki arti besar. Kabarnya, camilan ini diciptakan pada tahun 1923 lalu dan tetap popular sampai sekarang. Jajanan ini juga dianggap sebagai makanan tradisional khas Jawa karena lebih populer dibanding di daerah lain.

Halaman:

Editor: Perdana Bagaskara - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X