Bersihkan kotoran ayam di cangkang telur jangan disikat, ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:17 WIB
Telur ayam, sumber foto: Suara.com
Telur ayam, sumber foto: Suara.com

Kulinear.ID - Saat memilih telur, biasanya konsumen selalu mengharapkan mendapatkan telur yang masih segar. Namun tak jarang konsumen yang menghindari telur dengan cangkang dengan kotoran ayam yang masih menempel.

Padahal, kotoran ayam yang menempel pada telur selalu dijadikan acuan bahwa telur tersebut masih segar didapat dari peternak ayam langsung.

Selain itu, membersihkan cangkang telur dari kotoran ayam juga gampang-gampang susah. Ternyata membersihkan cangkang telur dengan cara disikat ternyata salah.

Baca Juga: Simak resep nasi daun jeruk praktis, pakai magicom cuma 20 menit

Alasannya, jika telur digosok terlalu keras, hal itu bisa merusak lapisan luar telur, sehingga cangkang ppada telur bisa rusak.

"Lapisan alami cangkang luar telur berfungsi untuk melindungi telur dari bakteri, kalau dicuci menggunakan air, kemungkinan lapisan pelindung ini bisa rusak dan pori-pori telur juga bisa terbuka," tulis laman instagram @eggs.mdn dikutip Kulinear.ID pada Senin 25 Juli 2022.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa jika cangkang telur telah rusak maka bakteri Salmonella atau bakteri di luar lapisan telur bisa masuk ke dalam.

Baca Juga: Tips bersihkan cobek agar tak dihuni serangga dan belatung, nomer satu direndam air panas

Bahaya yang ditimbulkan dari masuknya bakteri Salmonela di ataranya diare hingga infeksi usus. Lalu bagaimana sih cara membersihkan kotoran ayam dari cangkang telur dengan baik dan benar? Nah berikut tips bersihkan telur yang baik.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: instagram @eggs.mdn

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X