Resep

Katan Sarikayo, kuliner khas Minang legendaris yang manis lembutnya ngangenin

Satu lagi kuliner Minang yang terkenal akan kelezatannya. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis. Katan sarikayo khas Padang. Seperti yang bisa ditebak, ya. Ketannya yang berwarna putih rasanya gurih karena santan, sedang Sarikayo alias srikaya rasanya manis. Meski namanya srikaya, sama sekali tidak ada kaitannya dengan buah srikaya. Kecuali rasa manis dan lembutnya yang mirip dengan buah srikaya.

Zaman dulu kuliner ini termasuk cemilan mewah. Hanya muncul di kala ada upacara adat atau pernikahan. Di rumah Anak Daro (mempelai perempuan).

Untuk kuliner upacara adat seperti itu, biasanya yang digunakan adalah telur bebek, yang memang kuning telurnya lebih besar daripada telur ayam. Selain itu bahan srikaya adalah gula jawa. Tak heran jika rasanya manis legit namun tidak eneg. Cuman kalau kamu suka manis sekali, boleh saja ukuran gula pasirnya kamu tambahkan.

Di beberapa daerah di Sumatera barat, kuliner ini digunakan sebagai hantaran keluarga pada saat bulan Ramadan. Kini meskipun banyak generasi milenial yang kurang mengenal cemilan enak ini. Di beberapa tempat, muncul kembali dengan warna-warni kekinian. Semoga bisa menjadi awal kebangkitan kuliner tradisional asli Indonesia.

Yuk yang mau nyobain bikin resepnya. Yang ini versi sederhana, ya.

Bahan

Bahan Katan

  • 42 liter beras ketan putih, rendam
  • 2 jam, cuci bersih
  • 1 lembar daun pandan
  • 500 ml santan kental, didihkan

Bahan Sarikayo

  • 600 ml santan kental
  • 400 ml gula merah, iris halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 6 butir telur bebek
Katan sarikayo. Foto : Instagram

Cara Membuat Katan sarikayo

  1. Katan: rebus santan dan daun pandan hingga mendidih. Masukan beras ketan. Masak hingga santan terserap habis. Lalu angkat. Ratakan di dalam loyang yang berukuran 18 x 18 x 8 cm. Sisihkan.
  2. Sarikayo: campur santan, gula, garam, dan daun pandan. Rebus hingga mendidih sambil diaduk aduk, agar santan tidak pecah. Lalu Angkat, sisihkan. Kocok telur hingga mengembang. Lalu tambahkan larutan gula, aduk rata. Saring agar tidak ada gula menggumpal yang tersisa dalam adonan.
  3. Tuangkan adonan sarikayo ke dalam loyang yang berisi ketan. Kukus hingga semua bahan matang
  4. Angkat, sajikan

Cukup sederhana bukan, pembuatannya? Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button