Traktir

Kearifan lokal Dalam nikmatnya Ikan sambal seruit khas Lampung

Hidangan ini memang jadi kearifan lokal yang wajib banget dicoba kalau lagi berkunjung ke provinsi Lampung. Sajian ikan yang dilengkapi sambal, terong bakar, dan aneka lalapan jadi kenikmatan. Membuat olahan Seruit khas Lampung sebenarnya mudah nih temen – teman.

Ikan menjadi bahan utama yang wajib ada, jenis ikan apa saja bisa kok termasuk jenis ikan nila. Untuk terong kita menggunakan terong ungu, bahannya ada cabai merah dan rawit, terasi, tomat,

Kenikmatan Seruit khas Lampung

Seruit ikan dan terong bakar, serta sambal : foto: Instagram

Seruit adalah masakan khas dari lampung berupa ikan yang digoreng atau dibakar. Racikan bumbu untuk olahan ikannya juga sesuai selera, mau pakai bumbu yang penuh rempah atau bumbu kuning yang sederhana, tidak masalah kok. Hidangan seruit biasanya bercitarasa pedas, sambal uleg menjadi ciri khas dari seruit ini.

Segar pedas sambal seruit khas Lampung

Seruit khas Lampung. foto: Instagram

Katanya nih, di Indonesia ada sekitar 300 an jenis sambal Nusantara, Sambal seruit ini mungkin jadi salah satunya. Cabai merah keriting, hijau, rawit, setan, terasi bakar, dan tomat rampai semua diuleg jadi satu sampai halus.

Terasi bakar dan tomat rampai menambah kenikmatan sambal seruit. Tomat rampai memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada tomat merah biasa. Citarasanya lebih gurih dan asam dari tomat biasanya, mantap dan makin seger nih pastinya. Kalau penulis sih, makan tidak lengkap kalau gak ada sambal.

Gurih ikan dan terong bakar seruit

Untuk membuat seruit ikan nila yang sudah bersih dan dimarinasi dengan bumbu kuning boleh digoreng atau dibakar. Kalau umumnya sih lebih ke ikan bakar yang jadi favorit nya. Tidak harus menggunakan jenis ikan nila kok, jenis ikan laut atau sungai lainnya juga boleh dipakai untuk seruit. Biasanya yang dipilih adalah ikan baung, ikan patin atau ikan gurame ukuran besar.

Berhubung sudah dimarinasi dengan bumbu kuning, saat dibakar ikan boleh atau bebas diolesi dengan kecap. Terong ungu juga dibakar, untuk membakar terong sendiri sampai lunak dan kulit luarnya agak gosong.

Mengapa namanya seruit?

Teman – teman Lampung mempunyai 2 masyarakat adat, yaitu Lampung saibatin dan Lampung pepadun. Bagi masyarakat setempat, seruit menjadi salah satu makanan pokoknya. Nama seruit berasal dari kata “nyeruit” yang artinya dilakukan bersama – sama, maklum deh masyarakat Lampung memang mempunyai nilai kebersamaan yang cukup tinggi.

Selain menjadi hidangan untuk makan bersama, cara makan seruit juga cukup unik yaitu nasi, ikan, terong bakar, sambal dan aneka lalapan harus diaduk bersama hingga tercampur menjadi satu, duh jadi menggugah selera ya.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button