Resep

Kembung bakar dengan bumbu kunyit yang menggugah selera makan

Ikan tidak hanya bisa diolah dengan cara digoreng saja. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dibakar. Supaya cita rasa tetap terasa enak maka kamu harus menggunakan bumbu yang tepat. Bumbu yang bisa menghilangkan bau amis adalah bumbu kuning. Beberapa bahan yang nantinya akan digunakan yakni jahe, kunyit, bawang merah, daun kemiri. Proses membakar yang asik bisa menyatukan anggota keluarga ketika malam hari. Langsung saja yuk siapkan seluruh bahan-bahan kembung bakar dan cara membuatnya.

Kembung bakar. Foto: Instagram

Bahan-bahan:

  • 5 ekor ikan kembung mentah
  • Satu sendok teh bubuk merica
  • Setengah sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 butir lemon

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm jahe

Cara membuat kembung bakar bumbu kunyit:

  1. Pertama-tama cuci terlebih dahulu ikan kembung. Siapkan wadah yang diisi dengan air dan tambahi dengan perasan jeruk lemon. Masukkan garam ke dalam air perasan jeruk tersebut.
  2. Rendam ikan yang telah dicuci ke dalam wadah berisi air dan perasan jeruk nipis. Sesuaikan terlebih dahulu selama 15 menit agar bau amis dari ikannya benar-benar hilang.
  3. Haluskan seluruh bumbu yang perlu dihaluskan dengan menggunakan ulekan maupun blender.
  4. Angkat ikan dan tiriskan dari air perasan jeruk lemon. Lumuri dengan menggunakan bumbu yang telah dihaluskan. Taburi dengan sedikit merica pada seluruh permukaan ikan. Sisihkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  5. Olesi teflon dengan menggunakan margarin. Goreng setengah matang semua ikan yang telah dibumbui.
  6. Siapkan bara api dan bakar seluruh ikan. Jangan lupa untuk membalikan ikan supaya tidak matang di satu sisi saja. Sesekali bisa sambil diolesi dengan menggunakan bumbu yang dihaluskan.
  7. Angkat ikan kembung bakar yang sudah jadi. Ulangi langkah ini sampai seluruh ikan selesai dibakar.

Bila menurut kamu rasanya kurang asin, bisa coba untuk ditambahi dengan bubuk merica yang dicampur dengan garam. Mengkonsumsi makanan yang dibakar harus dibarengi juga dengan minum susu. Susu dapat menetralisir makanan gosong yang termakan sehingga tidak membahayakan sistem pencernaan.

Biar acara bakar-bakaran makanan semakin asyik, kamu bisa sambil bakar sate paprika maupun jamur. Bumbunya bisa sekali pakai bumbu kuning ikan kembung. Kalau sudah asyik makan barbekyuan, kamu tidak harus makan nasi lho.

Bagi kamu yang ingin terus update dengan resep memasak terbaru, bisa follow Kulinear.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button