Traktir

Kenikmatan dibalik nama bakso comberan yang menjijikkan

Bakso merupakan kuliner sejuta umat dari daging yang dibentuk bulat-bulat dan biasa disajikan dengan kuah serta beberapa komponen lainnya. Sudah tak terhitung banyaknya penggemar dari kuliner ini. Hal ini dikarenakan bakso memberikan citarasa lezat yang sanggup bikin lidah bergoyang. Oleh karena itu, tak menutup kemungkinan bahwa muncul banyak varian bakso yang ada di masyarakat. Mulai dari bakso seafood, bakso urat, bakso telur, bakso beranak, bakso goreng, dan ada satu jenis bakso yang sanggup bikin geleng-geleng kepala, yaitu Bakso Comberan dari Depok.

Kuah kluwek

Jika didengar dari namanya saja pasti nampak menjijikan ya guys. Sebenarnya kata comberan digunakan karena bakso ini terdiri dari tulang muda, bihun, dan komponen lain yang kemudian disiram menggunakan kuah encer berwarna hitam. Jadi, sekilas memang mirip air selokan, kan?

Bahkan bakso comberan ini juga mendapat julukan bakso sampah lho… Tapi, semua penampilannya ini jauh berbeda dengan rasa dan kenikmatan yang diberikan. Layaknya bakso pada umumnya, bakso comberan menyuguhkan kuah hangat yang terasa gurih sedap dengan tambahan sambal saus yang dipakai.

Bakso comberan. Foto: Instagram

Komponen yang ada di dalam bakso comberan juga tak berbeda jauh dengan bakso lainnya. Mulai dari bihun, mie kuning, bawang goreng, irisan daun bawang, seledri, dan mungkin yang membedakan karena adanya tauge, tulang muda yang lebih banyak, dan kuah hitam yang dibuat dari kluwek,mirip seperti yang digunakan pada kuah rawon.

Bakso comberan Pak Bewok, Depok

Kedai milik Pak Bewok dianggap sebagai pelopor dan yang paling terpopuler dengan menu bakso comberannya. Pak Bewok sudah menjual bakso sejak tahun 1995, namun saat itu masih bakso biasa. Hingga akhirnya pada tahun 2000, ia menciptakan inovasi baru dengan menggunakan kluwek pada resep baksonya.

Bakso comberan Pak Bewok ini beralamat di Jalan Walet, Beji, Depok, Jawa Barat, persisnya ada di depan pintu masuk Universitas Indonesia. Jadi tak heran kalau bakso comberan dikenal sebagai kuliner khas kota Depok guys…

Lokasinya yang strategis di pinggir jalan pemukiman penduduk membuat menu bakso comberan makin dikenal khalayak luas. Kedai yang buka dari pukul 09.00-20.00 WIB ini menjual bakso comberan dengan harga 12.000 rupiah saja lho…

Dengan harga terjangkau kamu sudah bisa mendapat seporsi bakso comberan dengan aneka topping yang ditawarkan. Mulai dari kerongkongan ayam, ceker ayam, sayap ayam, dan masih banyak lainnya. Dijamin cukup bikin perut kamu kenyang. Jadi, jangan ragu lagi mencicipi bakso comberan ya guys, rasa lezatnya jauh dari namanya yang menjijikkan kok…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button