Traktir

Kue ampas tarigu khas Ambon isian gula aren hingga kelapa

Ampas terigu atau ampas tarigu merupakan sajian manis sejenis kue atau roti khas Maluku. Persisnya, kue ampas tarigu berasal dari wilayah Ambon, memiliki tampilan menggelembung dan kecoklatan, terbuat dari terigu, gula aren, dan kelapa parut.

Kue ampas tarigu biasa di produksi secara rumahan oleh masyarakat khas Ambon di sore hari. Hal ini dikarenakan kue ampas tarigu merupakan menu camilan sore hari yang biasa disantap bersama keluarga. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis gurihnya menjadikan kue ini disukai banyak orang dari berbagai kalangan usia.

Ampas tarigu. Foto: Instagram

Tak seperti namanya, kue ampas tarigu ini sama sekali tidak menggunakan ampas sebagai bahan pembuatannya. Justru kue ini adalah bentuk adaptasi dari roti manis khas orang Belanda yang dibawa pada saat menjajah Negara kita.

Hingga akhirnya kue ampas tarigu sedikit demi sedikit mengalami perubahan dan penyesuaian dengan lidah Indonesia. Salah satunya dengan pemakaian rempah khas Indonesia sebagai bahan pembuatannya, yaitu kayu manis.

Sekarang sudah banyak industry rumahan ataupun pedagang keliling yang menjajakan kue ini dengan harga hanya 2000 rupiah saja. Tapi, kalian bisa lho coba bikin sendiri di rumah, cocok jadi ide usaha juga guys…

Potensi usaha rumahan dengan si Ampas Tarigu Ambon

Sebelumnya, siapkan bahan bahan yang dibutuhkan, mulai dari tepung terigu serbaguna, ragi instan, gula aren, kelapa parut, gula pasir, margarin, garam, kayu manis bubuk, dan air.

Langkah pertama, buat air gula aren dengan takaran 1:1 dan dinginkan di suhu ruang. Lalu,dalam wadah berbeda campurkan terigu, kelapa parut, margarin, ragi instan, dan masukkan air gula aren sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis elastis ya…

Jika sudah, ambil beberapa bagian dan bentuk bulat bulat dengan ukuran sedang dan tata di atas Loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin. Jika adonan sudah habis dibentuk, diamkan ampas tarigu selama 45 menit dengan ditutupi serbet sampai adonan kue mengembang.

Setelah itu, panggang di dalam oven hingga matang. Kemudian, keluarkan Loyang yang berisi kue dari dalam oven dan untuk sentuhan terakhir beri olesan air gula di bagian permukaan. Selagi hangat, santap kue ampas tarigu dengan segelas teh.

Ada  beberapa tips yang wajib diperhatikan selama membuat kue ampas tarigu, yaitu gunakan gula aren asli yang warnanya nyaris hitam untuk memperoleh warna dan aroma kue yang bagus. Kalau bisa usahakan untuk air gula sudah dibuat beberapa hari yang lalu. Selain itu, sisa kelapa parut yang berukuran kecil kecil bias ditambahkan ke bagian topping atau di dalamnya.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button