Traktir

Kue lapis rainbow cantik dan legit, kerap disajikan saat acara penting

Sahabat kulinear, sekarang kita review kudapan yang legit dan legendaris yuk, yaitu kue lapis. Biasanya kue lapis terdiri dari 2 warna, tapi lapis yang akan kita bahas kue lapis dengan beragam warna seperti pelangi. Nah, kue disebut kue lapis rainbow. Sahabat, rainbow bukan hanya cake kekinian itu, tapi kue lapis tradisional juga bisa diolah dengan aneka warna yang cantik.

Kue lapis rainbow khas Indonesia

Lapis rainbow. Foto: Instagram


Kue khas Indonesia ini biasanya disajikan saat ada acara penting. Tapi sekarang bisa dinikmati kapanpun. Warna-warna lapisannya ada merah, kuning, hijau, biru, ungu, putih, dan orange.


Kue lapis memiliki rasa yang legit, teksturnya lembek, kenyal dan tidak lengket saat dimakan. Rasanya yang unik membuat kudapan ini dari dulu hingga sekarang tetap digemari.


Sahabat, sebenarnya kue lapis sendiri punya banyak macamnya serta bahan yang digunakan berbeda-beda. Nah, kalau lapis rainbow ini terbuat dari tepung kanji, serta bahan pelengkap lainnya yaitu gula pasir, tepung terigu, santan dan pewarna makanan.

Proses membuatnya butuh kesabaran


Sahabat kulinear, untuk membuat kue lapis butuh kesabaran dan termasuk memakan waktu yang lama lho. Karena kalian harus mengukus satu persatu adonan lapisannya. Apalagi kue lapis rainbow punya banyak lapisan, jadi butuh ekstra kesabaran nih hehe. Tapi, kalau sudah lihat hasilnya nggak bakal kecewa nih, cantik dan enak banget.


Nah, saatnya kita intip proses pembuatannya yuk sahabat. Untuk membuat adonannya campurkan semua bahan-bahannya, lalu tuangkan santan hangat dan aduk hingga merata. Pastikan gunakan santan hangat ya, agar tepung tidak mengendap. Setelah adonan mengental, lalu bagi menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan secukupnya. Jika sudah tercampur rata, tinggal tuangkan saja kedalam cetakan loyang yang telah dilapisi kertas minyak. Tujuannya agar tidak lengket dan lebih mudah ketika mengeluarkan nya.


Sahabat, perhatikan juga dalam proses pengukusannya ya. Adonan cukup dikukus selama 5 menit dan harus tepat waktu nih. Karena mengukus yang terlalu lama dapat menyebabkan lapisan kue saling terlepas.

Sedangkan jika terlalu cepat dalam mengukusnya, warna kue lapis bisa tumpang tindih dan berantakan. Lakukan proses kukus tersebut berulang kali sampai lapisan terakhir. Kalau kalian ingin menambahkan warna lain kesukaan kalian juga boleh banget. Proses kukus kue lapis menguji kesabaran. Satu lapisannya butuh waktu 5 menit, jadi kalau membuat 10 lapisan bisa memakan waktu hampir satu jam. Nah, setelah dipotong hasilnya kelihatan cantik banget, mau dimakan jadi sayang deh hehe.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button