RestoTraktir

Kuliner khas Pontianak yang biasa jadi favorit saat melancong

Ibu kota dari Kalimantan Barat adalah Pontianak. Bagi kamu yang berkesempatan datang ke Kalimantan Barat, belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas Pontianak. Ada banyak kuliner tradisional yang menawarkan kearifan lokal. Berkat cita rasa khas yang ditawarkan ada banyak wisatawan yang berburu makanan di Pontianak. Apa saja nama makanan khas di sana bisa cek di bawah ini.

Bubur Pedas Pontianak

Masyarakat Pontianak sudah terbiasa menyantap bubur sebagai menu sarapan. Di Pontianak, kamu akan bisa mencari bubur yang pedas dan menawarkan cita rasa yang khas ala Pontianak. Keunikan yang membedakan dari bubur lainnya yang banyak beredar di Jawa adalah adanya sayur pakis dan daun kesum. Kedua bahan tersebut memberikan nuansa dan cita rasa yang khas. Dalam proses pembuatan bubur ini juga digunakan banyak sekali rempah-rempah supaya bisa gurih. Tak lupa juga masyarakat di sana akan menambahkan cabai guna memberikan cita rasa pedas. Sebagai sumber protein, di dalam bubur khas Pontianak akan ditambahkan kacang goreng dan teri goreng.

Bubur pedas Pontianak. Foto: Instagram

Kuliner khas Pontianak, Pengkang

Makanan khas Pontianak lainnya yang menarik untuk dibahas adalah Pengkang. Kuliner ini dibuat dari olahan beras ketan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Di dalamnya terdapat ebi. Setelah itu Pengkang akan dibakar bersama dengan daun pisang yang membungkusnya. Aroma yang dikeluarkan pada saat dibakar juga cukup menggugah selera makan.

Pengkang. Foto: Instagram

Chai Kwe

Jajanan tradisional Pontianak yang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi adalah Chai Kwe. Camilan ini tercipta berkat adanya percampuran budaya alias akulturasi budaya antara Tionghoa dan masyarakat setempat. Camilan ini dibuat dari tumisan berbagai macam sayuran, seperti keladi, bengkoang, kucai, dan rebung. Semua tumisan tadi akan dilapisi bagian luarnya dengan campuran tepung tapioka dan tepung beras. Proses pengolahan bisa terealisasi dengan cara di kukus.

Chai Kwe. Foto: Instagram

Kuliner khas Pontiana, Tau Swan

Kamu yang suka cicip-cicip kuliner dari daerah lain, juga perlu mencoba Tau Swan. Makanan yang satu ini merupakan hasil akulturasi budaya Tionghoa dan Pontianak. Makanan ini seringkali dijajakan saat sudah makan. Cita rasanya manis, karena memang kuahnya terbuat dari air gula, Kemudian di dalam kuah dicampurkan dengan kacang kedelai. Sedangkan hidangan utama yang ditawarkan berupa kue yang dipotong-potong.

Sotong Pangkong

Makanan khas lainnya yang juga menarik dicoba adalah Sotong Pangkong. Masyarakat di sana kadang juga menyebutnya sebagai Sotong Pengkong. Makanan ini memang terbuat dari sotong alias cumi-cumi yang dipukul-pukul sampai gepeng. Setelah itu akan dikeringkan, sehingga teksturnya mirip kerupuk.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button