Kaki Lima

Kuliner Solo terkenal yang murah meriah di kantong anak kos

Sebagai anak kost yang masih berkuliah, sudah pasti akan senang mencicipi berbagai macam kuliner Solo terkenal. Mereka berusaha mencari yang enak dan juga murah di kantong.

Kota Solo yang terkenal sebagai wisata kuliner memang menjanjikan ada banyak sekali tempat makan yang menjual menunya dengan harga terjangkau. Tidak heran kalau kamu akan sering melihat ada banyak anak mahasiswa di sana.

Kamu yang juga tinggal di Solo untuk sementara waktu atau seterusnya, bisa mencicipi berbagai macam kuliner yang ada dalam daftar ini.

Galabo

List pertama yang perlu kamu coba adalah Galabo. Tempat makan yang satu ini uniknya hanya buka di malam hari saja dan berlokasi di bagian timur bundaran Gladak.

Tempat ini sangat cocok dipakai untuk nongkrong. Tidak hanya orang lokal saja yang ada di sana, kamu juga akan sering melihat ada banyak turis yang mencicipi makanan. Di kawasan ini kamu akan bisa memesan dari beberapa kios sekaligus.

Sebagian tempat yang populer dibeli pengunjung berupa sate kere, cabuk rambak, dan lain sebagainya. Sate kere merupakan sate sapi yang dimasak secara khusus dengan cara dibacem dan baru dibakar. Sate kere ini juga bisa berupa tempe gembus. Biasanya bagian tempe gembus inilah yang diincar oleh para mahasiswa di akhir bulan.

Sedangkan cabuk rambak sendiri merupakan makanan yang mirip dengan lontong kemudian dipotong tipis-tipis dan sudah berbumbu. Bumbu yang dimaksud itu bisa saja berupa sambal. Di bagian bumbu biasanya juga diberikan wijen guna menambahkan rasa gurih di masakan ini.

Selain menyediakan banyak menu, pengunjung juga akan terhibur dengan adanya life music yang memang diberikan sebagai fasilitas di sana secara gratis.

Timlo Sastro

Siapapun yang berkesempatan ada di Solo juga perlu mencoba timlo. Kuliner yang satu ini berupa makanan lauk pauk yang diberikan kuah khusus. Bagian laut pauknya bisa berupa ati ampela, daging, telur ayam, ataupun telur puyuh. Makanan timlo Sastro ini sudah mulai terkenal di masyarakat Solo sejak 1952.

Harga belinya juga dapat murah di kantong mahasiswa, karena memang hanya berkisar Rp 21.000 untuk satu porsinya. Harga tersebut sudah termasuk nasi putih yang ada pada menu satu ini. Mengenai masalah minuman ini harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 2.000. tentu saja harga ini bisa berubah-ubah. setiap pengunjung yang makan ditempat ini juga akan dihibur dengan life musik berupa kroncong dari sekumpulan pengamen yang sengaja dikontrak.

Kuliner Solo terkenal, serabi Notosuman

Serabi Notosuman, Solo. Foto: Wikimedia
Serabi Notosuman, Solo. Foto: Wikimedia

Pecinta manis pasti pernah mencoba serabi solo yang dijual di Serabi Notosuman. Hanya saja kamu bisa mendatangi tempat tersebut di sore hari sambil menikmati terbenamnya matahari. Sebagian besar orang yang ada di Solo menyebut serabi ini dengan surabi.

Tentu saja serabi ini juga berbeda dengan yang bisa kamu beli di Bandung. Serabi yang dibuat di tempat ini disajikan menggunakan kuah dan ada berbagai macam variasi rasa. Beberapa variasi rasa tersebut adalah original dan coklat. Bahan dari serabi itu sendiri berupa tepung beras dan juga santan. Jadi meskipun direndam dalam kuah yang manis, syaratnya tetap memberikan cita rasa gurih yang enak untuk dinikmati.

Tempat makan yang satu ini sudah dikenal sebelum Indonesia merdeka yakni pada tahun 1923. Jadi memang resep yang diberikan merupakan turun temurun. Tidak jarang pengunjung menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas Solo saat akan pulang ke asalnya.

Serabi Notosuman. Foto: Instagram

Untuk satu porsi biasanya berisi 10 serabi dan dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button