Traktir

Lele asap tempoyak dan jengkol, aroma dan rasanya khas dijamin nagih

Sahabat kulinear, kuliner asap bukan hanya ikan mangut aja lho. Jenis ikan lele juga nggak kalah enaknya. Menu rumahan ini emang cocok buat disantap bersama keluarga. Nah, di Sumatera barat tepatnya di daerah Pasaman ada olahan lele yang unik nih. Karena kuliner ini dimasak dengan asam durian atau yang sering juga disebut tempoyak.

lele asap. foto: Instagram

Lele asap bumbu tempoyak durian

Ets, buat kalian yang bilang nggak suka sama durian, boleh dicoba lele asap ini. Karena citarasa mantul banget mirip gulai tapi ada sedikit rasa asam dari tempoyak, dijamin nagih. Apalagi ditambah dengan jengkol dan terong, rasanya khas banget.


Sahabat, daerah Pasaman barat sangat terkenal dengan budidaya ikan lele. Bahkan ikan lele dijadikan sebagai ikon kota tersebut. Karena jumlah lele yang melimpah disana, maka dibuatlah lele asap.

Pengasapan merupakan salah satu teknik pengawetan makanan yang udah ada sejak dulu. Hebatnya dari teknik pengasapan adalah dapat membuat ikan awet hingga berhari-hari tanpa harus kehilangan manfaat yang terkandung dalam ikan tersebut. Sedangkan teknik pengasinan dapat menghilangkan nutrisinya ya sahabat.


Proses pengasapan juga mudah, yaitu ikan yang sudah dibersihkan kemudian dibelah dan ditaruh diatas wadah khusus dari bambu. Lalu tinggal diasapi sampai kadar airnya berkurang ya. Pengasapan sendiri lumayan lama, butuh sekitar 8 jam agar ikan matang. Saat mengasapinya, pastikan tekan-tekan ikan dengan balok kayu agar kadar air dalam ikan dapat berkurang dengan maksimal.

Sebenarnya sahabat, teknik pengasapan ini dilakukan untuk membantu mengeluarkan kandungan air dalam ikan, agar tidak ada bakteri yang hidup didalamnya.


Kuliner ini sangat memanjakan lidah bagi kalian yang suka durian dan jengkol. Wah, dua kuliner yang memiliki aroma khas dan kuat dimasak jadi satu, kira-kira proses pembuatannya seperti apa ya? Yuk simak penjelasannya berikut.

Mirip gulai khas Minang


Nah, untuk pembuatannya masih sama seperti membuat gulai khas Minang. tambahkan asam durian atau tempoyak sebagai pelengkapnya. Tinggal dicampur semua bumbu rempah dengan santan kental. Lalu masukkan ikan lele asap, disusul dengan potongan jengkol dan terong. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap. Tinggal sajikan deh lele asap asam duriannya.


Bumbu rempah yang berpadu dengan asam durian meresap sampai kedalam lele. Pasalnya, lele yang sudah diasapi memiliki aroma yang sedap, diolah dengan bumbu rempah yang kuat pasti tambah nikmat. Nah, siapa disini yang pengen cobain? Kalianpun bisa membuat sendiri kok.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button