Traktir

Lontong sayur rebung segar dan gurih, menu andalan spesial Lebaran

Sahabat kulinear, penulis ada referensi menu rumahan yang wajib kalian coba saat mampir ke Jawa timur. Namanya, lontong sayur rebung alias lontong jangan bung. Uniknya lontong sayur disini menggunakan sayur rebung sebagai campuran nya.

Lontong ini juga disajikan bersama potongan ayam, tempe, pete dan kuah santan yang gurihnya menggoda. Yakin deh masakan rumahan ini dijamin jadi favorit.
Sahabat kulinear, sejarah lontong sayur di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kebudayaan Tionghoa. Pada saat perayaan tahun baru Imlek, ada sajian khas yaitu lontong cap gomeh.

Lontong sayur rebung menu sarapan

lontong jangan bung. Foto: Instagram


Rebung merupakan tunas muda batang pohon bambu. Sayur ini juga banyak dijual di pasar kok. Rasanya krenyes-krenyes enak banget pokoknya. Hidangan ini juga sering disantap sebagai menu sarapan pagi. Sahabat, jangan pernah remehkan sarapan ya. Karena merupakan sumber energi kita untuk memulai aktivitas yang panjang.

Manfaat lain dari sarapan adalah memberi nutrisi yang baik untuk otak, membantu melindungi tubuh dari penyakit, mengendalikan berat badan, dan membuat kita lebih fokus. Apalagi kalau sarapannya dengan menu lontong jangan bung, dijamin nambah deh hehe.


Buat kalian yang jauh, tapi pengen coba rasanya. Tenang sahabat, kalianpun bisa masak sendiri kok, semua bahannya mudah kalian dapat. Bumbunya ada bawang merah, laos, bawang putih, daun salam, kemiri, ketumbar, cabai merah, cabai rawit, garam dan gula pasir. Serta bahan utamanya ada lontong, tempe, daging ayam dan sayur rebung.

Untuk takaran bumbunya, kalian bisa sesuaikan dengan selera masing-masing ya. Misalnya, suka dengan citarasa yang pedas, boleh pakai cabai dalam jumlah yang banyak. Bumbu dasar seperti bawang merah, kemiri, bawang putih dan kemiri menjadi kunci kelezatan berbagai masakan Nusantara. Daging ayam bisa juga kalian ganti dengan daging kambing atau kerbau. Sebelumnya potongan ayam bisa direbus dahulu ya, agar tidak membuat kuah menjadi amis.

Menu andalan masyarakat Somoroto


Sahabat, lontong jangan bung menjadi menu andalan bagi sebagian besar masyarakat di kecamatan Somoroto, Ponorogo Jawa timur. Selain menjadi menu sarapan, lontong sayur ini juga kerap disajikan saat hari raya tiba. Sudah menjadi hal biasa, saat momen hari raya memang identik dengan ketupat atau lontong.

Hidangan ini menjadi pelengkap sajian utama opor ayam. Ada beragam jenis sayuran yang dipakai, mulai dari labu, pepaya muda sampai buncis. Nah, kalau lontong sayur khas Ponorogo menggunakan sayur rebung. Tekstur yang renyah dan sedikit manis, membuat hidangan ini istimewa.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button