Traktir

Massaman curry kuliner bercita rasa gurih yang berasal dari Thailand

Massaman curry yang lezat

Massaman curry merupakan kuliner yang berasal dari negeri gajah putih atau Thailand. Kuliner berupa kari thai yang memiliki cita rasa khas yaitu gurih manis, dan juga memiliki tekstur yang lembut. Kuliner ini menggunakan bahan utama berupa daging. Bisa menggunakan daging sapi/ daging ayam/ daging bebek, tahu. Dengan tambahan isian kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang mede, kentang dan juga bumbu-bumbu khas yang menambah kelezatan pada kuliner berkuah kental satu ini. Dengan ciri khas dari kuliner kari dimana yaitu menggunakan kuah santan yang kental dengan tambahan bumbu berupa lengkuas, kunity, kapulaga, ketumbar, sereh, cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan masih banyak lagi bumbu rempah lainnya. Kuliner berkuah satu ini biasa dihidangkan menggunakan nasi putih. Biasa juga masyarakat sekitar menikmatinya menggunakan roti dengan tambahan kuah dari karinya di beri perasan jeruk nipis atau jeruk limau.

Kuliner yang mendunia

Massaman curry menjadi salah satu masakan khas dari negara Thailand yang dikenal dan populer di dunia. Bahkan menjadi kuliner yang memiliki cita rasa khas dan lezat di dunia.

Kuliner berkuah dari Thailand ini hampir sama dengan kuliner kari yang berasal dari India. Akan tetapi tentunya memiiki perbedaan dari masing-masing kulinernya, dan juga kuliner ini berasal dari dua negara yang berbeda.

Perbedaan dari kedua kari di dunia ini yaitu tentu pada rasa yang dihasilkan. Pada kari Thailand memiliki cita rasa yang gurih manis dan tidak sedikit pedas. Sedangkan pada kari India memiliki cita rasa yang sedikit lebih pedas. Hidangan kuah bersantan ini sangat digemari oleh keluarga dari kerajaan Thailand sendiri,sehingga kuliner ini masuk dalam royal thai cuisine,  bahkan banyak dari masyarakatnya juga menyukai masakan satu ini.

Massaman curry. Foto: Instagram

Diketahui bahwa asal dari hidangan ini adalah berasal dari masyarakat muslim yang berada di Thailand. Mereka berada di Thailand karena adanya perdagangan rempah-rempah dari negara Timur Tengah. Maka terciptalah kuliner kari dengan bumbu kaya akan rempah-rempah dan menggunakan daging sapi.

Di Indonesia sendiri sudah banyak rumah makan atau resto yang menjajakan masakan dari Thailand ini. Jadi kalau kamu berencana menikmatinya tinggal datang ke rumah makan yang menyediakan masakan Thailand. Tak perlu repot-repot pergi ke luar negeri.     

Untuk kamu yang mau tahu info lainnya bisa follow hops.id (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button