Traktir

Mendadak viral !! Salah satu brand kuliner cipeng khas Garut naik daun

Cipeng merupakan kepanjangan dari cireng gepeng, camilan lezat khas Garut yang terbuat dari aci dengan isian yang dibentuk bulat pipih, kemudian dicampur bersama bumbu cabai dan perasan jeruk limau.

Cipeng memiliki tampilan berbeda jauh dari cireng ya guys… Cireng berbentuk bulat dengan tekstur yang tidak beraturan dan berukuran lebih besar daripada cipeng.

Cipeng. Foto: Instagram

Cipeng Garut pedasnya bukan main

Cipeng khas Garut ini sebenarnya memiliki nama asli Cipak Koceak yang berasal dari bahasa Sunda. Kata “cipak” merupakan singkatan”cimol dempak” yang berarti cimol gepeng. Lalu, kata “koceak” memiliki arti “teriak.

Nama ini sesuai dengan citarasanya yang super pedas asam, mampu bikin orang teriak kepedasan guys…

Cipeng dibuat dari campuran bahan tepung kanji, tepung terigu, bawang putih bubuk, bawang merah iris, garam dan kaldu bubuk. Lalu, adonan tersebut ditambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diuleni menggunakan tangan.

Jika sudah, ambil sedikit adonan dan bentuk bulat kecil dengan diberi isian suwiran daging ayam, bisa kornet ataupun sosis. Pipihkan tengahnya dengan dijepit kedua jari. Lakukan hingga adonan habis dan cipeng tinggal digoreng.

Sedangkan untuk bumbu pedasnya dibuat dari cabai rawit kering, bawang putih bubuk, kaldu ayam bubuk, sedikit minyak panas, dan jeruk limau. Tinggal dicampurkan saja dan aduk rata bersama cipeng. Cukup mudah kan guys ??

Brand cipeng yang naik daun

Cipeng. Foto: Instagram

Eat cipeng merupakan salah satu brand cipeng yang paling viral saat ini. Brand cipeng milik selebgram Resha Destriani ini viral karena video promosinya yang disebar lewat media sosial kekinian seperti Tiktok dan Instagram.

Hal ini membuat brand Eat Cipeng sangat naik daun, padahal dulunya cipeng ini sepi peminat lho. Lokasi penjualan Eat Cipeng berada di halaman depan Alfamidi, Jalan Naragong Nomor 657, Cileungsi, Garut, Jawa Barat.

Cipeng yang beroperasi dari jam 11.00 WIB bisa menjual habis dagangannya pada pukul 17.00 WIB lho… Kebayang dong selaris apa ?

Eat Cipeng menyuguhkan 3 pilihan rasa, yaitu cipeng original yang menggunakan bumbu atom bulan, cipeng cikruh pedas yang menggunakan bumbu atom bulan, pilus cikur, dan chili oil yang bisa diatur level tingkat kepedasannya. Dan yang terakhir adalah cipeng kuah dengan topping batagor lidah dan pilus cikur.

Semua varian Eat Cipeng hanya dijual seharga 15.000 rupiah saja guys… Dan ciri khas dari Eat Cipeng adalah menggunakan wadah kotak kardus dengan bertuliskan brand cipeng tersebut. Hingga kini Eat Cipeng sudah sukses di Garut dan mulai hadir di berbagai kota besar lainnya, seperti Bandung, Solo, Lampung, Kediri, dan lain lain.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button