Resto

Menikmati seporsi bakmi Belitung, kaldu udang jadi ciri khasnya

Pulau Bangka Belitung memiliki julukan sebagai Negeri Laskar Pelangi karena wisata alamnya didongkrak ke tingkat mancanegara oleh sebuah film berjudul “Laskar Pelangi”. Memang tak heran kalau wisata alam Bangka Belitung naik ke tingkat internasional. ebut saja Pantai Tanjung Tinggi yang sudah terkenal akan keindahan pesonanya. Tak hanya wisatanya, Bangka Belitung juga punya kuliner populer yang wajib kamu ketahui. Bahkan kuliner ini jadi santapan favorit mantan Bupati Belitung Timur yang pasti kamu kenal, beliau adalah Basuki Tjahaja Purnama. Itulah Mie Belitung Atep.

Udang jadi bahan utama

Mie Belitung atau bakmi Belitung memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari hidangan mie pada umumnya. Yaitu terdiri dari mie kuning, potongan kentang rebus dan tahu goreng, irisan mentimun, tauge, serta emping mlinjo yang kemudian disiram menggunakan kuah kaldu udang.

Terkadang juga bisa ditambahkan cakwe goreng, kol, dan jeruk kunci. Nantinya mie Belitung akan disajikan dengan alas daun simpor, yaitu sejenis daun jati. Tujuannya untuk meningkatkan aroma dan nafsu makan.

Mie belitung. Foto: Instagram

Nampak jelas kan guys perbedaan mie belitung dengan jenis mie lainnya. Hal ini menyebabkan bakmi Belitung menjadi olahan mie yang paling populer bagi masyarakat Bangka Belitung.

Kuah kaldu udang yang dilengkapi dengan irisan bakwan udang serta kentalnya mie kuning Belitung yang terbuat dari campuran terigu dan sagu menjadi ikon rasa dari sajian mie Belitung ini.

Mie atep jadi primadonanya

Oleh karena itu, jika kalian sedang main ke Pulau Belitung pastikan untuk mencoba sajian ini ya sahabat… Ada satu penjual mie belitung yang paling legendaris dan sangat direkomendasikan untuk kamu coba.

Namanya adalah Mie Belitung Atep yang terletak di Jalan Sriwijaya Nomor 27, Parit, kota Tanjungpandan, Bangka Belitung. Warung ini sudah berjualan mie Belitung sejak tahun 1973 hingga sekarang. Bahkan sang pendiri warung ini masih ikut melayani pembeli dengan meracik bumbunya lho…

Beliau adalah Nyonya Atep, sosok dibalik legendarisnya mie Belitung Atep yang nikmatnya tiada tanding. Meskipun warungnya nampak sederhana, tapi warung yang berada di ruko-ruko ini bisa menampung puluhan tamu lho. Bahkan tak sedikit pula yang rela mengantri berdiri demi mendapatkan seporsi mie Belitung Atep.

Mie Belitung Atep akan diracik saat para konsumen datang, tujuannya agar para konsumen bisa menikmati mie ini dalam kondisi fresh dan tersaji dalam kondisi panas. Seporsinya cukup dengan merogoh kocek sebesar 10.000-18.000 rupiah saja guys…

Rahasia dibalik kuah kaldu udang yang berwarna kecoklatan dan kental adalah pemakaian bahan udang asli, gula aren, merica, laos, jahe, bawang merah, bawang putih, maizena dan daun salam.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button