Kaki Lima

Nasi Langgi, salah satu hidangan dari Keraton Solo

Nasi langgi, salah satu kuliner ikonik dari kota Solo.

Membicarakan soal kuliner yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya. Ragam kuliner dan cita rasanya di setiap tempat pun berbeda-beda. Kekayaan rasa dan olahan makanan di setiap daerah ini, banyak dijadikan ikon kuliner untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah tersebut.

Hal ini juga terjadi pada kota Solo. Meskipun kota Solo sudah memiliki banyak objek wisata. Budaya dan kuliner yang menarik, seperti keraton Solo atau bahkan kulinernya yang sudah popular yaitu nasi liwet. Ternyata, selain nasi liwet, ada salah satu makanan yang dulunya merupakan salah satu hidangan di keraton Solo yaitu nasi langgi.

Nasi Langgi. Foto: lensapena.id

Keistimewaan nasi Langgi

Nasi Langgi memang kalah pamor dan tidak seterkenal nasi Liwet. Hal ini menjadikan kuliner ini banyak dikenal oleh warga Solo saja. Penyajian makanan ini biasanya bersama dengan lauk berupa serundeng, telur dadar, potongan kentang, potongan daging, kerupuk serta sambal hati, dan sedikit tambahan lalapan berupa mentimun.

Yang membedakannya dengan nasi liwet adalah, lauk dari makanan ini lebih komplit dan banyak. Sedangkan nasi liwet hanya sayuran dan suwiran daging ayam saja.

Meskipun makanan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, tenyata makanan ini merupakan makanan yang istimewa. Konon nasi Langgi sendiri di masa lalu merupakan hidangan spesial keraton. Nasi langgi biasa disajikan untuk menjamu tamu spesial yang berkunjung ke keraton Solo.

Nasi Langgi
Nasi Langgi. Foto : Instagram

Selain itu, makanan ini merupakan makanan spesial ketika zaman penjajahan dulu, karena dulunya tidak semua orang bisa menikmati makanan ini. Dulu yang bisa menikmati makanan ini adalah orang-orang keraton dan orang kaya saja.

Rasanya mampu membangkitkan selera makan

Seiring berjalannya waktu, makanan ini sudah banyak dijual untuk masyarakat umum. Banyak masyarakat yang menyukai makanan ini dikarenakan rasanya yang lezat. Nasi Langgi bercita rasa gurih yang mampu membangkitkan selera makan.

Selain itu makanan ini dapat mengembalikan atau memulihkan stamina penikmatnya. Karena, makanan ini memiliki lauk yang banyak, sehingga menikmati satu porsinya saja sudah sangat memanjakan perut. Selain memiliki rasa gurih, saat ini makanan ini memiliki beberapa varian rasa di bumbunya, seperti manis dan rasa pedas.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button