Kaki Lima

Nikmat bulan Ramadan ala Pontianak ditemani sotong pangkong

Bulan Ramadan selalu menyajikan beragam budaya dan tradisi baru di tiap daerahnya, tak terkecuali kota Pontianak. Di kota yang kaya akan sejarah Islam ini juga menyimpan banyak kebiasaan baru yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadan, salah satunya yang jadi primadona adalah kuliner sotong pangkong.

Sotong pangkong berasal dari dua kata yaitu “sotong” yang berarti cumi dan “pangkong” yang artinya ‘pukul’ dalam bahasa Melayu Pontianak. Oleh karena itu, sotong pangkong merupakan kuliner yang terbuat dari cumi kering yang kemudian dipanggang dan dipipihkan dengan alat sejenis palu.

Sotong pangkong. Foto: Instagram

Jadi festival kuliner

Sotong pangkong sudah jadi kuliner Ramadan sejak dulu di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sentra penjual sotong pangkong ada di Jalan Merdeka, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Disini kamu akan disuguhkan pemandangan warung dengan alas tikar dan beratapkan terpal.

Di tiap warungnya dilengkapi dengan gerobak yang dihiasi sotong kering bergelantungan di tiap jendela gerobak. Selain itu, tiap warungnya juga menggunakan konsep lesehan dengan meja panjang kecil yang berjejer rapi.

Meskipun ada street food sotong pangkong selain di wilayah tersebut, nyatanya banyak orang lebih memilih sotong pangkong Jalan Merdeka. Jalan ini terletak cukup dekat dari pusat kota, bahkan nampak seperti disulap jadi ‘Pasar Malam’ lengkap dengan lampu kerlap kerlip demi menarik perhatian banyak orang.

Tak hanya itu, Walikota Pontianak juga menjadikan makanan ini sebagai salah satu bentuk festival kuliner yang berpusat di Jalan Merdeka lho…

Sambal Sotong pangkong Pontianak ada dua jenis

Sotong pangkong dijual dengan berbagai harga sesuai ukuran yang kamu pilih, bisa sekitar 15.000 hingga 70.000 rupiah guys. Setelah memilih ukuran sotong, nantinya sotong tersebut akan dipanggang atau dibakar di atas arang sambil dibolak balik dan dikipasi.

Kemudian sotong akan dipindahkan ke alas kayu untuk kemudian dipangkong atau dipalu hingga menghasilkan tekstur gepeng dan berserat sehingga lebih mudah dimakan. Setelah itu, sotong siap disajikan di atas piring dengan dua jenis saus sambal, yaitu sambal cabai ebi dan cabai kacang.

Kedua sambal tersebut memiliki ciri rasaya masing-masing. Untuk cabai kacang cenderung bercitarasa pedas manis dengan kacang yang ditumbuk kasar. Sedangkan untuk cabai ebi memiliki rasa pedas manis dengan campuran ebi tumbuk.

Tekstur sotong yang sudah empuk dengan serat kasar dan rasanya yang asin gurih makin cocok jika dicelupkan ke dalam sambal cair. Memang pilihan yang tepat untuk kamu berbuka puasa di Pontianak. Jadi, jangan sampai kelewatan untuk buka puasa dengan sotong pangkong khas Pontianak ya guys.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button