Traktir

Nikmatnya kuliner murah orem-orem tempe yang disiram kuah santan

Halo arek Malang !! Coba sebutkan kuliner kota Malang yang paling berhasil memikat kalian karena rasanya yang super enak. Hmm, mungkin jawabannya beda-beda ya guys tergantung selera masing-masing. Tapi, ada satu jenis kuliner Malang yang nggak boleh banget kamu lewatkan. Kuliner ini adalah Orem-Orem Malang, bukan arem-arem lho ya…

Bahan utama

Orem-orem merupakan kuliner khas Malang, Jawa Timur yang terdiri dari tempe, tauge, ketupat atau lontong, ayam, dan telur asin, yang kemudian disiram kuah kental dari santan.

Orem-orem. Foto: Instagram

Layaknya kuliner Malang pada umumnya yang berbahan utama tempe seperti keripik tempe, orem-orem juga meletakkan ciri khas utamanya pada potongan tempe kukus setengah matang. Orem-orem menawarkan cita rasa lezat mirip sayur lodeh dari kuahnya yang berwarna kekuningan. Dalam seporsi orem-orem juga ditambahkan bawang goreng dan kerupuk.

Orem-orem Malang Legendaris

Usut punya usut, ternyata orem-orem adalah kuliner legendaris Malang karena sudah ada sejak tahun 1980-an lho. Dulu orem-orem sudah biasa disajikan saat ada acara hajatan, syukuran, dan pernikahan di kalangan masyarakat.

Lalu pada tahun 1983, orem-orem mulai dikenal lebih luas lagi dan tak sebatas jadi hidangan hajatan saja guys, melainkan sudah banyak menjamur dijual di warung atau gerobak keliling. Sampai sekarang, orem-orem berhasil mempertahankan ke-eksistensiannya di tengah pesatnya globalisasi.

Hal ini dikarenakan para pedagang orem-orem memiliki resep khusus yang tak boleh terlewatkan. Orem-orem harus dibuat dari tempe khas Malang, komposisi bumbunya tak boleh dikurangi, dan menggunakan bara api selama proses memasak. Ini semua demi mempertahankan citarasa orem-orem sejak dulu sampai sekarang.

Orem-orem Arema

Sejak muncul berbagai warung penjual orem-orem, kota Malang memiliki empat warung yang pertama kali ada. Mereka beralamat di Jalan Blitar, Jalan Pasar Comboran, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Songosari.

Namun, dari ke empat warung tersebut ada satu warung yang paling populer. Ia adalah Orem-Orem Arema yang sudah berdiri sejak tahun 1995 lho… Orem-orem Arema ini tetap eksis dan masih dicari banyak orang walaupun sudah lama berdiri guys.

Mulai dari mereka yang beralamat di Jalan Jakarta, Malang, sampai sekarang yang menetap di Jalan Blitar Nomor 14A, Kecamatan Sumbersari. Rasa lezat orem-orem arema ini tak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Setiap hari kecuali Jumat, warung yang buka dari pukul 09.30-16.00 selalu ramai akan pembeli dari berbagai kalangan. Selain rasanya yang nkmat, orem-orem arema juga dibanderol dengan harga 7.000-12.000 rupiah saja lho. Cocok banget buat mahasiswa di akhir bulan hehe…

So, kalau ke Malang jangan lupa cobain orem-orem arema ya guys…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)


Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button